Sabtu 09 Oct 2021 05:55 WIB

Oatmeal Jadi Menu Sarapan Paling Sehat, Ini Kata Ahli

Oatmeal kian sehat apabila disajikan dengan kacang-kacangan atau biji-bijian.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Oatmeal kian sehat apabila disajikan dengan kacang-kacangan atau biji-bijian.
Foto: Peakpx
Oatmeal kian sehat apabila disajikan dengan kacang-kacangan atau biji-bijian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oatmeal menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia, dan biasa disantap saat sarapan. Makanan yang terbuat dari oat (Avena sativa) ini bisa membantu meredakan peradangan, mengurangi kolesterol dan menekan nafsu makan sehingga cocok dikonsumsi kala diet.

Ahli Nutrisi dari AS, Laura Burak mengatakan bahwa oatmeal merupakan salah satu makanan sarapan paling sehat. Apalagi jika oatmeal disajikan dengan beberapa topping sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian atau rempah.

Baca Juga

“Anda juga bisa menambahkan beberapa protein dan lemak sehat seperti selai kacang, yogurt, atau bahkan telur untuk melengkapi asupan dan membuat Anda lebih kenyang,” kata Burak.

Adapun terkait manfaat kesehatan dari oatmeal, Burak mengungkap dua manfaat kesehatan dominan dari oatmeal. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Eat This, Jumat (8/10).

 

1. Oatmeal bertindak sebagai prebiotik

Salah satu alasan mengapa oatmeal sangat sehat untuk dikonsumsi adalah karena oatmeal bertindak sebagai prebiotik, yang membantu menjaga keseimbangan mikrobioma dalam tubuh.

“Prebiotik adalah makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik di usus atau dikenal sebagai probiotik,” kata Burak.

Ahli Nutrisi dari AS, Tammy Lakatos Shames menambahkan, ketika prebiotik masuk dalam tubuh, itu kemudian difermentasi dan berubah menjadi makanan yang dikonsumsi probiotik. Proses ini membantu meningkatkan pencernaan, membangun kekebalan yang lebih kuat dan mencegah peradangan.

 

2. Oatmeal kaya serat

Oatmeal juga kaya akan serat. Lebih khusus lagi, oatmeal mengandung kedua jenis serat yaitu larut dan tidak larut. Masing-masing jenis serat ini penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut Harvard School of Public Health, serat larut larut dalam air dan dapat membantu tubuh mengelola glukosa sambil menurunkan kadar kolesterol. Sementara serat tidak larut bisa membantu memperlancar saluran pencernaan.

Burak menjelaskan, serat bisa menstabilkan kadar gula darah, membuat kenyang lebih lama dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

“Serat dalam oatmeal berperan dalam memperlancar saluran pencernaan. Hal ini tentu saja membuat buang air besar lancar dan teratur," kata Burak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement