Rabu 06 Oct 2021 15:17 WIB

Kebiasaan Minum yang Harus Dihentikan Saat Usia 50 ke Atas

Meski tanpa gula, minum terlalu banyak kafein bisa berefek buruk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan minum yang harus dihindari pada usia 50 tahun ke atas (ilustrasi).
Foto: Sciencealert
Kebiasaan minum yang harus dihindari pada usia 50 tahun ke atas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Anda memasuki usia 50 tahun, ada begitu banyak hal mengenai kesehatan yang harus lebih diperhatikan. Salah satunya soal kebiasaan minum. 

Ahli gizi menyampaikan ada beberapa kebiasaan minum yang benar-benar harus Anda hentikan ketika menginjak usia 50 tahun ke atas. Apa saja itu? Berikut penjelasannya seperti dilansir di laman Eat This Not That, Rabu (6/10):

1. Konsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula

Minuman atau camilan yang dimaniskan dengan gula itu tidak bermanfaat bagi kesehatan Anda pada usia berapa pun. Itu menjadi sangat buruk bagi Anda yang berusia di atas 50 tahun.

Seiring bertambahnya usia, fungsi kognitif kita berisiko menurun. Kabar baiknya adalah diet dapat memengaruhi seberapa baik usia otak Anda. Studi epidemiologis telah menunjukkan bahwa asupan gula rafinasi yang tinggi dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif.

"Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membatasi asupan gula rafinasi dan minuman berpemanis seiring bertambahnya usia," ujar penulis The Nourishing Meal Builder, Lacy Ngo, yang mengutip sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan di Nutricion Hospitalaria

2. Minum terlalu banyak kafein

Bahkan jika Anda membuat kopi tanpa gula, kelebihan kafein dapat memberikan efek yang sangat merusak kesehatan Anda setelah usia 50 tahun. "Setelah 50, mendapatkan kualitas tidur yang baik mungkin lebih menantang, (dan) efek kafein dapat memakan waktu hingga sekitar 10 jam untuk benar-benar hilang," kata pensiunan profesor klinis di Albert Einstein College of Medicine, Keith-Thomas Ayoob. 

"Minumlah secangkir kopi atau teh pada pagi hari, tetapi kemudian beralihlah ke kopi tanpa kafein," saran Ayoob.

3. Minum cairan terlalu dekat dengan waktu tidur

Meminum beberapa teguk air sebelum tidur mungkin tidak banyak merugikan, tetapi minum lebih banyak dari itu dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas dan durasi tidur Anda.

"Terutama pria, mungkin menemukan pembesaran prostat, memberi tekanan pada kandung kemih bahkan ketika itu kurang dari penuh," kata Ayoob. Agar tidur Anda tidak terganggu karena bolak-balik ke toilet, Anda dapat meminum lebih banyak cairan pada siang hari. 

4. Hindari alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol tidak disarankan, baik itu ketika Anda masih berusia muda maupun saat menginjang usia di atas 50 tahun. Namun, Anda benar-benar harus menghindari minuman ini ketika berusia 50 tahun ke atas karena memiliki dampak sangat berbahaya.

Pendiri HealthyGroceryGirl.com, Megan Roosevelt, mengatakan pilihan alkohol tanpa gula tetap dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. "Ini dapat menyebabkan asupan kalori berlebih dan membuat Anda mudah kenyang. Akibatnya, Anda akan  melewatkan pilihan makanan yang lebih bergizi sebagai pengganti," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement