Selasa 14 Sep 2021 22:08 WIB

2.200 Warga Cirebon Divaksin Secara Drive Thru

Drive thru vaksinasi ini dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Warga antre mendapatkan vaksin saat vaksinasi COVID-19 sistem Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru  (ilustrasi)
Foto: Antara/Anis Efizudin
Warga antre mendapatkan vaksin saat vaksinasi COVID-19 sistem Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 2.200 warga mengikuti vaksinasi massal secara drive thru di Sarana Olah Raga (SOR) Watubelah Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (14/9). Kegiatan itu diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, dalam rangka hari jadinya yang ke-76 tahun.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana, menuturkan, pihaknya sebenarnya memiliki 9.200 vaksin dari berbagai instansi. Namun, tidak semuanya digunakan dalam kegiatan hari ini.

Baca Juga

PMI Kabupaten Cirebon juga mengadakan sejumlah kegiatan vaksinasi di tempat lainnya. Di antaranya adalah sekolahan. "Kalau total ada 9.200, tapi pada vaksinasi drive thru ini hanya 2.200 vaksin. Sisanya digunakan dalam kegiatan vaksinasi lainnya," kata Heviyana, di sela kegiatan vaksinasi drive thru.

Heviyana pun mengaku bangga dengan antusiasme warga yang hadir. Bahkan, tidak sedikit juga warga yang hadir meski tidak menggunakan kendaraan roda empat.

"Alhamdulillah, dibantu kendaraan dari Polres dan instansi lainnya, untuk membawa warga yang tidak menggunakan kendaraan," terang Heviyana.

Heviyana menilai, banyaknya warga yang hadir dalam kegiatan vaksinasi itu menunjukkan tingkat kesadaran warga terhadap vaksinasi Covid-19 tinggi. Dia berharap agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Bupati Cirebon, Imron, menyampaikan terima kasih kepada PMI Kabupaten Cirebon dan semua pihak yang membantu program vaksinasi untuk warga. Dia menyatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cirebon memang memerlukan dukungan dari banyak pihak.

Saat ini, jumlah warga yang sudah divaksin di Kabupaten Cirebon baru mencapai 24,57 persen. "Kalau tidak dibantu oleh instansi lainnya, kami cukup kewalahan," terang Imron.

Imron mengungkapkan, saat ini vaksinasi di Kabupaten Cirebon terus digalakkan. Selain di SOR Watubelah, vaksinasi hari ini juga dilakukan di sejumlah sekolah di Kabupaten Cirebon. "Kalau bisa, (vaksinasi) November sudah selesai. Karena mau ada Pilkades," tandas Imron. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement