Rabu 11 Aug 2021 17:41 WIB

Bengkulu MInta Bantuan Oksigen ke Dua Provinsi Tetangga

Lonjakan Covid membuat persediaan oksigen menipis.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.
Foto: Dok Pemprov Bengkulu
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku telah meminta bantuan oksigen ke dua provinsi tetangga yaitu Sumatra Selatan dan Lampung. Hal itu menyusul semakin terbatasnya persediaan oksigen yang dibutuhkan para pasien Covid-19 di daerah setempat.

"Kemarin sudah membuat kerja sama dan kita minta bantuan kepada Sumatra Selatan dan Lampung, prinsipnya mereka mempersilahkan secara gratis tetapi kita menyiapkan mobil transportasinya," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Mukomuko, Rabu.

Baca Juga

Ia mengatakan hal itu usai melakukan pengecekan dua posko PPKM di Desa Ujung Padang dan Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Sebagai gambaran, tingginya tingkat kasus Covid-19 lebih tinggi membuat pasokan oksigen di rumah sakit menipis. Pihak RS  membutuhkan bantuan oksigen dari daerah lain.

 

Sebenarnya bantuan oksigen gratis telah diberikan dari dua provinsi tetangga, tetapi daerah ini masih tetap kesulitan mendapatkan mobil "ISO tank" yang berfungsi untuk membawa oksigen.

Untuk itu, Gubenur mengatakan, pihak Pemprov mengambil solusi lain yakni pertama sewa mobil ISO tank dan solusi yang kedua pengadaan tabung sehingga bisa mengambil sendiri.

Selain ke dua provinsi tetangga, Bengkulu juga meminta bantuan ke provinsi lain seperti Sumatra Barat yang berbatasan dengan daerah ini."Kalau ada peluang Sumatera Barat lebih dekat. Tetapi terkait dengan penyediaan oksigen yang dibutuhkan pasien Covid-19 secara umum bisa terpenuhi," ujarnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement