Selasa 10 Aug 2021 01:43 WIB

Akan Ada 2 Purnama Terjadi di Bulan Ini

Blue moon akan terjadi pada 22 Agustus 2021.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Cahaya bulan purnama. ilustrasi
Foto: Antara/Rahmad
Cahaya bulan purnama. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan ini akan terjadi Blue Moon. Blue Moon terakhir terjadi pada 31 Oktober 2020. Blue Moon adalah dua bulan purnama dalam satu bulan kalender.

Saat Blue Moon tahun lalu, planet Mars berada di dekat Blue Moon. Mars juga dekat dengan Bumi dan berwarna sangat merah saat itu.

Baca Juga

Dilansir dari Earth Sky, Senin (9/8), Blue Moon akan terjadi pada 22 Agustus 2021. Bulan akan berada di dekat planet Jupiter dan Saturnus.

Ngomong-ngomong soal blue moon, apakah bulan berwarna pernah terlihat berwarna biru? Menurut para ilmuwan, bulan berwarna biru jarang terjadi. Peristiwa itu  terjadi ketika atmosfer Bumi mengandung partikel debu atau asap dengan ukuran tertentu. Partikel harus sedikit lebih lebar dari 900 nanometer.

Partikel sebesar ini mungkin ditemukan di udara di atas seseorang, misalnya kebakaran berkobar di dekatnya. Partikel dengan ukuran ini sangat efisien dalam menghamburkan cahaya merah. Ketika partikel-partikel ini ada di udara kita dan bulan bersinar melaluinya, bulan mungkin tampak berwarna biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement