Senin 02 Aug 2021 21:10 WIB

Romantisnya Rasulullah SAW dan Aisyah: Lomba Lari Berdua

Rasulullah SAW dan Aisyah saling berlomba lari

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW dan Aisyah saling berlomba lari. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: republika
Rasulullah SAW dan Aisyah saling berlomba lari. Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kedekatan dan romantisme antara Rasulullah SAW dan sang istri, Aisyah RA, banyak diabadikan dalam buku-buku utama hadits ataupun sejarah. 

Di antaranya Rasulullah ﷺ pernah berlomba lari dengan istrinya, Aisyah RA saat berada dalam sebuah perjalanan.

Baca Juga

عن عائشة رضي الله عنها أنها كانت مع النبي صلى الله عليه وسلم في سفر. قالت: فسابقته فسبقته على رجلي، فلما حملت اللحم سابقته فسبقني. فقال: "هذه بتلك السبقة"، وفي لفظ: سابقني النبي صلى الله عليه وسلم فسبقته، فلبثنا حتى إذا أرهقني اللحم سابقني فسبقني. فقال: "هذه بتلك"

Aisyah RA berkata, "Aku ikut bersama Rasulullah SAW dalam sebuah perjalanan. Pada saat itu tubuhku masih ringan. Kami singgah di sebuah tempat dan Nabi SAW memerintahkan para sahabatnya untuk meneruskan perjalanan. Lalu Nabi SAW berkata kepadaku, "Mari kita lomba lari!"

“Ternyata aku mengalahkan Nabi SAW. Kemudian dalam perjalanan lain aku juga ikut. Pada saat itu tubuhku sudah berat (gemuk). Nabi SAW berkata kepadaku, "Mari kita lomba lari!" Ternyata Nabi SAW mengalahkan aku.

Nabi bersabda sambil menepuk pundakku, "Kemenangan ini menutupi kekalahan yang dulu" (HR. Abu Daud dan Nasa'i).

Dikutip dari buku Harta Haram Muamalat Kontemporer karya Erwandi Tarmizi, perlombaan ini termasuk mubah (dibolehkan) yang dilakukan Rasulullah ﷺ. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement