Jumat 30 Jul 2021 23:48 WIB

Ashton Kutcher & Mila Kunis tak Mandi Setiap Hari, Sehatkah?

Ahli ungkap sisi medis kebiasaan keluarga Ashton Kutcher yang tak mandi setiap hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ashton Kutcher dan Mila Kunis.
Foto: www.mirror.co.uk
Ashton Kutcher dan Mila Kunis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari lalu, pasangan selebriti Ashton Kutcher dan Mila Kunis mengungkapkan bahwa mereka dan anak-anak mereka tak mandi setiap hari. Ahli menilai keputusan Ashton dan Mila ini tak sepenuhnya salah.

Professor emerita di bidang epidemiologi Elaine Larson mengatakan saat ini banyak orang terpaku pada pertanyaan "Seberapa sering saya harus mandi?". Padahal, faktor lain yang lebih penting untuk dipertimbangkan adalah kapan mandi sebaiknya dilakukan.

Baca Juga

"Dan itu adalah ketika tubuh terkontaminasi," jelas Larson, seperti dilansir CNN, Jumat (30/7).

Kebutuhan mandi pada setiap orang ternyata dipengaruhi oleh beragam faktor. Berikut ini adalah anjuran frekuensi mandi yang dianjurkan pada beberapa kelompok menurut para ahli.

Orang Dewasa di Rumah Saja

Larson mengatakan sebagian besar penduduk di negara maju saat ini memiliki akses terhadap air bersih, sabun, dan tempat bersih untuk tinggal. Orang dewasa yang menghabiskan sebagian besar waktu di rumah karena bekerja dari rumah misalnya, tidak perlu mandi setiap hari.

Alasannya, lanjut Larson, orang dewasa tersebut menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan yang sama. Mereka juga tidak berkontak dengan kuman-kuman tak familiar yang perlu dibersihkan.

Lansia

Anjuran untuk tidak mandi setiap hari juga berlaku bagi lansia karena kulit mereka mudah menjadi kering bila terlalu sering mandi. Kulit yang kering, lanjut Larson, justru dapat membuat lansia lebih rentan terhadap kuman-kuman.

"Umumnya, Anda tak perlu mandi setiap hari, karena Anda sebenarnya mengurangi mekanisme pertahanan normal kulit melawan organisme dan infeksi," ujar Larson.

Orang dengan Masalah Kulit

Asisten profesor di bidang dermatologi Dr Arielle Nagler mengatakan orang yang memiliki kulit kering atau masalah kulit seperti eksim juga sebaiknya menghindari mandi terlalu lama dan terlalu sering. Orang-orang dengan kondisi seperti ini sebaiknya mandi dengan durasi yang lebih cepat dan dengan air dingin.

"Batasi paparan sabun hanya di area yang rentan terhadap bau badan, dan lembapkan (kulit) segera setelah mandi," ungkap Nagler.

Orang Gemar Berolahraga

Kegiatan olahraga memicu keluarnya keringat yang tentu perlu dibersihkan. Nagler menganjurkan agar orang-orang yang gemar berolahraga menyesuaikan jadwal mandi mereka dengan jadwal mereka berolahraga. Dengan begitu, mereka dapat menghindari frekuensi mandi yang terlalu sering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement