Selasa 01 Jun 2021 20:24 WIB

Manfaat Susu yang Jarang Diketahui

Susu ternyata tak hanya baik untuk tulang tetapi juga bisa melindungi jantung.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Susu ternyata tak hanya baik untuk tulang tetapi juga bisa melindungi jantung.
Foto: Flickr
Susu ternyata tak hanya baik untuk tulang tetapi juga bisa melindungi jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang tahu manfaat susu adalah baik untuk kesehatan tulang. Namun, apakah Anda tahu, ternyata susu juga bisa melindungi jantung.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, minum satu gelas susu sehari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan koroner. Temuan tersebut berasal dari lebih dari dua juta peserta di Amerika dan Inggris.

Baca Juga

Dilansir The Ladders, Selasa (1/6), tim peneliti dari University of Reading, University of South Australia, Southern Australian Health and Medical Research Institute, University College London, dan University of Auckland menetapkan bahwa partisipan yang rutin mengonsumsi susu terbukti mengalami penurunan risiko penyakit jantung koroner sebesar 14 persen dan menunjukkan kadar kolesterol baik.

Meskipun peminum susu berat mengalami sedikit peningkatan Indeks Massa Tubuh (BMI) dan lemak tubuh, penulis makalah yakin bahwa produk susu sebenarnya menawarkan lebih banyak pro daripada kontra jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Hal ini terutama berlaku sehubungan dengan kesehatan jantung.

Selain itu, produk berbahan dasar susu juga bermanfaat bagi jantung dengan memberikan efek netral pada kesehatan jantung. Literatur baru memaparkan produk tersebut sebenarnya dapat membantu melawan penyakit jika dikonsumsi secara teratur. Hal ini juga berlaku untuk produk susu yang tinggi lemak, seperti yogurt dan keju.

Berdasarkan data ada lima nutrisi berada di balik korelasi ini, yaitu kalsium, vitamin D, protein, peptida bioaktif, dan asam lemak. Selain itu, peserta yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular sebelumnya melaporkan risiko kematian 20 persen lebih rendah akibat minum susu.

Demikian pula, sebuah laporan yang diterbitkan setahun sebelumnya mengaitkan konsumsi susu dengan penurunan risiko stroke sebesar 9 persen. Kalsium yang diperoleh dari produk susu dikaitkan dengan risiko stroke 31 persen lebih rendah dalam laporan yang sama.

Terlepas dari banyak manfaat yang diperoleh dari susu, Anda perlu mempertimbangkan risiko kesehatan yang timbul jika mengonsumsi susu terlalu banyak. Sebuah studi dari jurnal BMJ menemukan bahwa wanita yang minum susu utuh dalam jumlah berlebihan setiap hari melipatgandakan risiko kematiannya dibandingkan dengan wanita yang mematuhi pedoman yang ditetapkan oleh sistem kesehatan

. Sementara pria meningkatkan risiko kematian dini sekitar 10 persen. Konsumsi susu yang berlebihan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kembung, kram, dan diare.\

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement