Selasa 18 May 2021 13:39 WIB

Ribuan Orang Gelar Aksi Solidaritas Palestina di Birmingham

Sekitar 10 ribu pengunjuk rasa berkumpul di alun-alun kota Victoria, Birmingham

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
muslim inggris (ilustrasi)
Foto: Nottinghampost
muslim inggris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  BIRMINGHAM --- Ribuan orang melakukan aksi damai di pusat kota Birmingham, Inggris untuk menunjukkan solidaritas mereka kepada Palestina yang menjadi sasaran kebrutalan pasukan Israel. Seperti dilansir the News pada Senin (17/5) diperkirakan sekitar 10 ribu pengunjuk rasa berkumpul di alun-alun kota Victoria, di depan gedung dewan kota. Unjuk rasa serupa juga diadakan di berbagai wilayah lainnya di Inggris, termasuk London, di mana puluhan ribu orang berbaris dari Hyde Park ke kedutaan Israel di jalan raya Kensington.

Para pengunjuk rasa di Birmingham membawa bendera Palestina serta plakat bertuliskan 'Hentikan Pengeboman Gaza' dan 'Akhiri Apartheid', 'Selamatkan Sheikh Jarrah' serta 'Kebebasan untuk Palestina'. Para peserta aksi terdiri dari orang-orang dengan berbagai latar belakang dan usia termasuk anak-anak. Mereka meneriakan  'Palestina Merdeka' dan 'Labbaik Ya-Aqsa'.

Baca Juga

Para pengunjuk rasa menyatakan keprihatinan mereka atas apa yang terjadi di wilayah Palestina. Mereka mengatakan bahwa mereka berkumpul untuk menunjukkan dukungan bagi warga Palestina. Seorang pengunjuk rasa mengatakan apa yang terjadi di Gaza adalah genosida. Pengunjuk rasa menuntut diakhirinya kekejaman yang dilakukan Israel.

Para pengunjuk rasa berbaris melalui di pusat kota. Setengah mil dari Victoria Square ke pusat perbelanjaan Bull Ring, dipadati oleh pengunjuk rasa. Layanan trem di pusat kota juga terganggu selama unjuk rasa. Para pengunjuk rasa mendesak pemerintah Inggris, dan negara-negara Muslim termasuk Pakistan dan Turki serta masyarakat internasional untuk segera melangkah maju dan mengakhiri siklus kekerasan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement