Kamis 29 Apr 2021 21:20 WIB

Australia Kampanye Kubur Celana Dalam, untuk Apa?

Kampanye Soil Your Undie Challenge kini menjadi gerakan di Australia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, ARMIDALE -- Ratusan orang mengubur celana dalam katun mereka di kebun belakang untuk digali delapan minggu kemudian. Langkah ini sebagai bagian dari proyek sains warga yang disebut Soil Your Undies Challenge. Kampanye yang bermula di Amerika Serikat kini menjadi gerakan di Australia.

Kapas terbuat gula kompleks yang disebut selulosa. Ini menjadikannya makanan ringan yang lezat bagi mikroba dan pasukan pengurai kecil lainnya yang hidup di dalam tanah. Kondisi pakaian saat diambil akan menunjukkan kesehatan mikrobioma.

Baca Juga

Jika sisa kain katun itu tidak banyak, berarti tanah dalam keadaan sehat dan penuh aktivitas. Jika sebagian besar masih utuh, maka pekerjaan diperlukan untuk memperbaiki situasi tanah itu.

Dosen senior di School of Environmental and Rural Science di University of New England di New South Wales, Oliver Knox, dan CottonInfo, program perluasan bersama industri kapas Australia, berada di belakang upaya tersebut. Gerakan ini dimulai pada 2018 ketika Knox dan Sally Dickinson yang seorang petugas penyuluhan regional dengan CottonInfo, bertanya kepada 50 petani untuk bersedia mengubur pakaian dalam mereka untuk ilmu pengetahuan.

"Mereka tidak hanya melakukannya, tetapi mereka bersaing satu sama lain, mengatakan hal-hal seperti: 'Tanah saya lebih baik daripada tanah Anda karena saya memiliki lebih banyak celana yang rusak,'” kata Knox sambil tertawa, dikutip dari Aljazirah.

Mikrobioma tanah yang sehat adalah sumber kehidupan tanaman. Mikrobioma yang sehat dapat mempercepat pertumbuhan dan bahkan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit. Para ahli percaya bahwa hal itu juga bisa mempengaruhi kandungan nutrisi makanan.

"Ini membuat mereka semua berpikir tentang tanah dan kami menyadari itu adalah cara yang indah dan dapat diakses untuk membuat penilaian tanah tersedia untuk publik. Itulah yang saya sukai dari proyek ini," kata Knox.

Sejak itu, kampanye Soil Your Undies telah menyebar di antara komunitas pertanian yang terjalin erat dan sekolah-sekolah juga telah bergabung. Diperkirakan 400 orang telah mengubur pakaian dalam di seluruh benua, memungkinkan para ilmuwan untuk mengeksplorasi kesehatan tanah di berbagai bagian Australia, serta mengumpulkan data untuk penelitian lain. Orang-orang sekarang datang untuk mengirimkan hasilnya ke CottonInfo.

Selandia Baru juga menjalankan kampanye Soil Your Undies...

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement