Senin 26 Apr 2021 19:00 WIB

Jay-Z Ingin Dikenang Seperti Bob Marley

Jay-Z berharap namanya bisa melegenda seperti Bob Marley.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Jay-Z berharap namanya bisa melegenda seperti Bob Marley.
Foto: EPA
Jay-Z berharap namanya bisa melegenda seperti Bob Marley.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penyanyi rap asal Amerika Serikat (AS) Jay-Z mengungkapkan keinginannya agar orang-orang mengingat sosoknya seperti penyanyi Reggae legendaris Jamaika, Bob Marley. Baginya, Bob Marley akan dikenang sepanjang masa.

Meski Jay-Z telah tercatat sebagai salah satu artis hip-hop paling berpengaruh di dunia dan disebut sebagai rapper terhebat sepanjang masa, ia mengatakan tetap berharap orang-orang melihatnya hebat seperti Marley. Pria berusia 51 tahun itu mengatakan ingin dianggap sebagai salah satu legenda yang akhirnya dikenang sepanjang masa. 

Baca Juga

“Saya tidak melampaui ego kan? Semoga mereka membicarakan saya seperti Bob Marley dan semua yang hebat,” ujar Jay-Z, dilansir Dance Hall Mag, Senin (26/4).

Jay-Z juga menuturkan sejumlah masalah yang pernah dihadapi dalam hidupnya selama ini. Mulai dari rasisme, keluarga, hingga pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) yang juga mempengaruhi kehidupannya. 

“Saya sangat bangga bisa mengatasi keadaan saya dan memberi desempatan bagi orang-orang yang memiliki situasi mirip dengan saya,” jelas Jay-Z. 

Jay Z mengunjungi kampung halaman Marley pada 2017, dan mendokumentasikan momen tersebut dalam video musik untuk single Bam, yang juga menampilkan putra bungsu Marley, Damian Marley. Saat berkeliling di wilayah Trench Town dengan Damian, pria bernama asli Shawn Corey Carter ini berbicara tentang dampak mendalam pengalaman itu terhadap dirinya dan mengungkapkan bahwa tumbuh dengan mendengarkan lagu Marley sebagai seorang anak kecil. 

“Itu sangat kuat bagi saya ketika saya datang ke sini. Ini adalah musik yang saya dengarkan sepanjang hidup saya. Ayah dan ibu saya, mereka mengumpulkan rekaman dan mereka hanya memainkan musik sepanjang waktu. Saya berubah menjadi anak kecil ketika saya datang ke sini, ” jelas Jay-Z saat itu

Tak hanya Jay-Z, Marley telah menjadi insiprasi bagi sejumlah rapper ternama lainnya. Salah satunya rapper Tory Lanez yang mengatakan cita-citanya yang lebih besar dari kehidupan secara langsung dipengaruhi oleh sang raja reggae itu.

Selain itu, ada rapper asal New York, Nas, mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh status tak tersentuh Marley. Ia berharap suatu hari memiliki pengaruh seperti itu pada penggemar. 

“Semua orang mendengarkan dia dan ini bukan masalah Jamaika atau Amerika, ini ada di seluruh dunia. Saya selalu berharap dapat melakukannya sekali, sebanyak yang dia lakukan secara alami dan mudah pada level yang tidak tersentuh ini, saya ingin melakukannya," kata Nas dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Sementara itu, bagi Snoop Dogg, Marley adalah salah satu nenek moyang. Alur musiknya berbicara kepada saya, tetapi juga pesannya. Ada jejak reggae dalam musik yang ia ciptakan sepanjang kariernya, di mana itu mebuat semangat sang legenda hidup dalam dirinya. 

Selain itu, Wiz Khalifa, seperti Jay Z juga diperkenalkan dengan musik Marley saat masih kecil dan tumbuh besar mendengarkan bersama ayahnya. Banyak penyanyi lain seperti Wyclef Jean, Erykah Badu, Lauren Hill, Rihanna, dan lainnya mengatakan Bob Marley telah memengaruhi perjalanan mereka ke dalam musik dengan lebih dari satu cara, hingga lagu-lagu yang mereka nyanyikan kerap terinspirasi oleh pesan dari sang legenda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement