4 Tips Tingkatkan Energi dengan Olahraga Selama Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

Kamis 15 Apr 2021 14:36 WIB

Muslimah yang gemar berolahraga. Foto: ist Muslimah yang gemar berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terkadang, energi ketika berpuasa di bulan Ramadhan menurun karena harus menahan lapar dan haus seraya menjalani aktivitas seperti biasa. Kondisi ini membuat tubuh menjadi lemas. Namun, energi bisa ditingkatkan dengan berolahraga. Olahraga akan membuat lebih energik dan fokus dalam beribadah jika dengan cara yang benar.

Berikut empat tips terbaik yang bisa meningkatkan energi seperti dilansir About Islam, Kamis (15/4):

1. Yakinkan diri Anda

Pikiran Anda membentuk realitas Anda. Jika Anda yakin tidak dapat melakukannya, Anda tidak akan melakukannya. Ubah sikap ini di awal dan Anda akan menikmati akhirnya.

2. Makan asupan bergizi

Asupan bergizi berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi makanan yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Allah berfirman dalam surat al-A’raf ayat 31:

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, “Anak-anak Adam mengisi wadah yang tidak lebih buruk dari cara mereka mengisi perut mereka.”

Jika Anda makan makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh Anda dan bukan keinginan Anda, itu akan berfungsi dengan baik.

3. Olahraga sebelum buka puasa

Waktu olahraga yang tepat ketika bulan Ramadhan adalah sebelum berbuka puasa. Meskipun akan terasa haus tapi Anda tidak perlu terlalu lama menunggu untuk minum.

4. Pilih latihan sesuai dengan tingkat kebugaran Anda

Ramadhan bukanlah waktu untuk membentuk otot atau berlari setengah maraton. Olahraga saat Ramadhan lebih banyak dilakukan untuk aktivitas fisik biasa. Misal, bergerak guna menghindari sakit punggung atau melemaskan persendian. Anda cukup hanya berjalan-jalan di sekitar rumah Anda selama 20 menit.

Akan lebih menyenangkan lagi jika olahraga dilakukan bersama dengan teman. Ini bisa menjadi sangat menyenangkan.