Jumat 26 Mar 2021 23:49 WIB

UE Hentikan Larangan Ekspor Vaksin, Ini Syaratnya

Beberapa negara khawatir larangan ekspor vaksin UE bisa memicu perang dagang

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Alat suntik vaksin AstraZeneca COVID-19,
Foto: AP/Alberto Pezzali,
Alat suntik vaksin AstraZeneca COVID-19,

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Para pemimpin Uni Eropa telah berhenti melarang ekspor vaksin setelah perselisihan berkepanjangan dengan pabrikan Anglo-Swedia, AstraZeneca.

Pada pertemuan puncak pada hari Kamis, mereka memberikan dukungan pada prinsipnya untuk memperkuat kontrol ekspor. Tetapi pernyataan pasca KTT menekankan pentingnya rantai pasokan global yang diperlukan untuk menghasilkan vaksinasi.

Elemen vaksinasi AstraZeneca diproduksi di sejumlah negara bagian UE. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan AstraZeneca harus mengejar pengiriman vaksin ke UE sebelum mengekspor dosis ke tempat lain.

Peluncuran vaksin di negara bagian UE telah dimulai dengan lambat, dan blok tersebut menyalahkan perusahaan farmasi, terutama AstraZeneca, karena tidak memberikan dosis yang dijanjikan.  AstraZeneca membantah bahwa mereka gagal memenuhi kontraknya.

UE mengharapkan untuk menerima sekitar 30 juta dosis AstraZeneca pada akhir Maret, kurang dari sepertiga dari yang diharapkannya.

"Saya pikir jelas bahwa pertama-tama perusahaan harus mengejar ketinggalan," ujar von der Leyen.

"AstraZeneca harus menghormati kontrak yang dimilikinya dengan negara-negara anggota Eropa sebelum dapat terlibat lagi dalam mengekspor vaksin. Kami ingin menjelaskan kepada warga Eropa kami bahwa mereka bisa mendapatkan bagian yang adil." kata von der Leyen dilansir di BBC, Jumat (26/3).

UE dituduh, terutama oleh Inggris dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), atas apa yang disebut nasionalisme vaksin setelah memperkenalkan kontrol ekspor pada suntikan yang diproduksi di dalam blok tersebut.

Data yang dirilis pada hari Kamis (25/3) menunjukkan bahwa UE telah mengekspor 77 juta dosis suntikan Covid sejak Desember ke 33 negara di seluruh dunia. Pada saat yang sama, 88 juta telah dikirim ke negara-negara UE, di mana 62 juta telah dikelola.  

Dengan demikian, UE telah mengekspor lebih banyak suntikan daripada yang telah diberikan kepada warganya sejauh ini.

Namun, beberapa negara UE telah menyuarakan keprihatinan tentang aturan ekspor yang lebih ketat, dengan negara-negara seperti Belgia dan Belanda menginginkan rantai pasokan tetap terbuka, dilansir di CNBC.

Ada risiko jika ekspor vaksin dihentikan, dapat memicu perang dagang dan bagian lain dunia yang membuat bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi vaksin, dapat menghentikan pengirimannya ke Eropa. 

Peluncuran vaksin UE telah menghadapi sejumlah tantangan sejak awal. Komisi Eropa, yang bernegosiasi dengan pembuat obat, telah dikritik karena terlalu lama menandatangani kesepakatan vaksin.

Mantan perdana menteri Italia Mario Monti mengatakan bahwa ia tidak terlalu terkejut bahwa Eropa telah bereaksi cukup baik dalam hal moneter, respons fiskal keuangan terhadap pandemi. Tetapi sejauh ini tidak cukup baik dalam hal pengadaan dan respons industri. 

Dia berargumen bahwa sementara negara-negara UE telah mengintegrasikan kebijakan moneter mereka dan bagian dari tanggapan fiskal mereka, tidak pernah ada yang namanya 'penyatuan kesehatan'.

Pemerintah individu masih bertanggung jawab atas kebijakan kesehatan mereka sendiri, sedangkan bidang seperti perdagangan internasional adalah tanggung jawab utama Komisi Eropa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement