Kamis 25 Mar 2021 12:54 WIB

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Siang Ini

Kartu Prakerja gelombang 16 ini dibuka dengan kuota 300 ribu peserta.

Kartu Prakerja
Foto: Dok. Pint
Kartu Prakerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan pendaftaran peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 mulai dibuka siang ini (Kamis, 25/3). Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dibuka dengan kuota sebanyak 300 ribu orang.

"Gelombang 16 akan dibuka siang ini jam 12.00 WIB dengan kuota 300 ribu. Dengan demikian genaplah target kami untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam pernyataan di Jakarta pada Kamis (25/3).

Baca Juga

"Jadwal penutupan akan kami komunikasikan segera," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja itu akan dapat dicapai pada Maret 2021.

Program Kartu Prakerja adalah skema bantuan pelatihan yang dalam masa pandemi disertai juga dengan insentif. Setiap peserta akan mendapatkan bantuan Rp 3,550 juta dengan perincian Rp1 juta untuk bantuan pelatihan, insentif setelah pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei Rp 150 ribu.

Terkait penambahan gelombang untuk semester I, Loisa mengatakan masih memantau kemajuan penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya dalam membeli pelatihan pertama. Dia merujuk pada Peraturan Menteri Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja bahwa peserta harus sudah membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Baca juga : Pengamat Nilai ETLE Ringankan Beban Petugas

"Bila tidak, maka kepesertaannya akan dicabut. Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan untuk menampung ini," ujar Louisa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement