Selasa 09 Mar 2021 22:36 WIB

Depok Targetkan Satu RT Miliki Lubang Biopori

Depok Targetkan Satu RT Miliki Lubang Biopori

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Depok Targetkan Satu RT Miliki Lubang Biopori. Foto:   Pembuatan lubang biopori.
Foto: HIMAKOVA
Depok Targetkan Satu RT Miliki Lubang Biopori. Foto: Pembuatan lubang biopori.

IHRAM.CO.ID,DEPOK--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan berupaya satu RT miliki lubang biopori. Hal itu saat ini akan diterapkan di Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

"Kami akan mengupayakan pembuatan satu RT memiliki lubang resapan biopori. Langkah tersebut siap dilakukan untuk mengantisipasi adanya genangan air di musim hujan," ujar Lurah Sawangan, Rahwana di Kantor Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Selasa (9/3).

Baca Juga

Ia menambahkan, pihaknya akan mengupayakan satu RT memiliki lubang resapan biopori. Jika memungkinkan jumlahnya dapat ditambah menjadi dua atau tiga di satu RT.

"Masih banyaknya rumah yang berdempetan dan tidak memiliki halaman menjadi kendala pembuatan lubang biopori di satu rumah. Karena itu, kami upayakan satu RT memiliki lubang biopori," tuturnya.

Menurut Rahwana, program ini sangat baik, karena lubang biopori dapat menampung dan menyerap air hujan dengan lebih cepat. Selain itu, juga dapat menjadi cadangan air tanah warga Sawangan di musim kemarau.

"Walaupun curah hujan cukup tinggi, sampai saat ini Kelurahan Sawangan masih aman," terangnya.

Ia menambahkan, hanya ada satu wilayah yang sempat terjadi genangan air yaitu di daerah utara Kelurahan Sawangan. Itu pun, karena letak wilayahnya berada di tepi kali. "Semoga program ini dapat segera terealisasi direalisasikan agar memberikan dampak positif bagi masyarakat," pungkas Rahwana. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement