Selasa 02 Mar 2021 13:52 WIB

Uni Eropa akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Yaman

Bantuan dari Uni Eropa bertujuan meringankan malnutrisi anak di Yaman

Red: Nur Aini
Uni Eropa pada Senin (1/3) mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sebesar 95 juta euro (114 juta dolar AS) ke Yaman.
Uni Eropa pada Senin (1/3) mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sebesar 95 juta euro (114 juta dolar AS) ke Yaman.

 

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa pada Senin (1/3) mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sebesar 95 juta euro (114 juta dolar AS) ke Yaman.

Baca Juga

Bantuan itu dimaksudkan untuk "memenuhi kebutuhan yang paling mendesak untuk rakyat Yaman di tengah kekurangan gizi anak yang mencapai rekor tertinggi, ancaman kelaparan dan pertempuran baru," menurut pernyataan dari Komisi Eropa.

Menurut blok tersebut, setidaknya dua juta anak dan satu juta perempuan hamil menderita kekurangan gizi akut di negara yang dilanda perang itu. Jumlah orang yang terpapar kelaparan di Yaman diperkirakan meningkat tiga kali lipat pada paruh pertama 2021 dari 16.500 saat ini menjadi 47.000 jiwa.

"Bantuan dana dari Uni Eropa yang baru akan sangat penting dalam mempertahankan bantuan penyelamatan jiwa bagi jutaan orang, yang kelelahan akibat bencana pertempuran, Covid-19 dan keruntuhan ekonomi parah," ungkap Komisaris Uni Eropa untuk Manajemen Krisis Janez Lenarcic mengomentari keputusan tersebut.

Pejabat Uni Eropa juga mendesak pihak-pihak yang berkonflik di Yaman untuk memfasilitasi akses organisasi kemanusiaan terhadap mereka yang paling membutuhkan dan menghindari penderitaan sipil lebih lanjut.

Yaman berada dalam kekerasan dan kekacauan sejak 2014 ketika pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa, dan memaksa Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi untuk meninggalkan negara itu pada tahun berikutnya.

Krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi militer pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang bertujuan untuk menggulung kembali kekuasaan teritorial Houthi. Puluhan ribu orang Yaman, termasuk warga sipil tewas dalam konflik tersebut, yang telah menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia dengan 3,65 juta pengungsi internal dan 20,7 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan segera.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/uni-eropa-akan-kirim-bantuan-kemanusiaan-usd114-juta-ke-yaman/2161319
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement