Rabu 06 Jan 2021 14:51 WIB

WHO Kecewa China tak Izinkan Tim Penyelidik Covid Masuk

Tim WHO ingin menyelidiki asal usul virus Covid-19 di Wuhan.

Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus
Foto: AP
Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kekecewaan terhadap China. Pasalnya Beijing, tidak mengizinkan tim investigasi masuk ke negara itu untuk menyelidiki asal usul Covid-19.

"Saya sangat kecewa dengan berita ini karena dua anggota telah memulai perjalanan mereka dan yang lainnya tidak bisa melakukan perjalanan pada menit-menit terakhir," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam webinar pers, Selasa.

Baca Juga

Dia mengatakan bahwa para pejabat China belum menyelesaikan izin yang diperlukan untuk kedatangan tim di China. Tim itu sejatinya akan mengunjungi Kota Wuhan, tempat Covid-19 pertama kali muncul pada Desember 2019.

Saat ini, ada lebih dari 86 juta kasus virus Corona di seluruh dunia, dengan lebih dari 1,86 juta kematian terkait. Demikian menurut Universitas Johns Hopkins Amerika Serikat. "Saya telah diyakinkan bahwa China mempercepat prosedur internal untuk pengerahan sedini mungkin. Kami sangat ingin agar misi tersebut berjalan secepat mungkin," ujar Ghebreyesus.

Pada Juni, Presiden Donald Trump mengatakan China memiliki kendali penuh atas WHO dan mengklaim bahwa pejabat China mengabaikan kewajiban pelaporan mereka kepada badan kesehatan itu selama pandemi.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement