Rabu 16 Dec 2020 14:47 WIB

Jajaran Negara yang Gratiskan Vaksin Covid-19

Jokowi memastikan vaksin Covid-19 diberikan gratis sepenuhnya.

Jajaran Negara yang Gratiskan Vaksin Covid-19. Di depan bendera AS, perawat Lillian Wirpsza memberikan vaksin COVID-19 kepada Shylee Stewart, perawat persalinan di Rumah Sakit Universitas George Washington, di Washington, DC, AS, 14 Desember 2020.
Foto: EPA-EFE/Jacquelyn Martin
Jajaran Negara yang Gratiskan Vaksin Covid-19. Di depan bendera AS, perawat Lillian Wirpsza memberikan vaksin COVID-19 kepada Shylee Stewart, perawat persalinan di Rumah Sakit Universitas George Washington, di Washington, DC, AS, 14 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menyusul langkah sejumlah negara di dunia yang menggratiskan penuh vaksin Covid-19 untuk warganya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman.

Berikut ini beberapa negara di dunia yang mengambil keputusan menggratiskan vaksin untuk warganya.

Baca Juga

Jepang

Berdasarkan UU baru, Jepang menggratiskan vaksin Covid-19 bagi seluruh warganya. Dilansir France 24, Jepang membeli vaksin dari Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

Norwegia

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg menyatakan vaksin Covid-19 akan digratiskan. 

Amerika Serikat

Petugas kesehatan sudah mulai menerima vaksinasi Covid-19 di AS. Dilansir BBC, Rabu (16/12), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan vaksin yang dibeli dari uang pajak digratiskan. Namun, banyak penyedia mungkin masih mengenakan biaya untuk administrasi.

Inggris

Inggris memberikan vaksin Covid-19 gratis kepada warganya melalui Layanan Kesehatan Nasional (NHS)

Mesir

Mesir menggratiskan vaksin Covid-19 Sinovac dari China untuk warganya.

India

India memberi vaksin Covid-19 gratis pada setiap warganya begitu vaksin tersedia. India sedang menyiapkan program vaksinasi massal. Pemerintah menargetkan 100 orang disuntik vaksin setiap hari.

Singapura

Vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis untuk warga dan penduduk yang tinggal jangka panjang di Singapura. Singapura menyetujui penggunaan vaksin dari Pfizer-BioNTech.

Italia 

Italia akan meluncurkan program vaksinasi virus corona gratis yang sangat besar Januari 2021. Pemerintah memiliki opsi membeli 202 juta suntikan vaksin Covid-19 dari berbagai perusahaan dan sedang menunggu izin penggunaannya dari otoritas obat Eropa.

Maroko 

Raja Maroko Mohammed VI memerintahkan semua warga menerima vaksin virus corona secara gratis. Maroko berencana meluncurkan vaksin Sinopharm beberapa minggu mendatang. Maroko juga telah memesan vaksin dari AstraZeneca dan sedang dalam pembicaraan dengan pengembang vaksin lainnya.

Bahrain 

Komite Eksklusif Pemerintah Bahrain akan memberikan vaksin virus Covid-19 gratis untuk semua warga. Rencana ini termasuk memvaksinasi mereka yang berusia di atas 18 tahun, dengan kapasitas memvaksinasi 5.000 orang per hari hingga mencapai 10 ribu vaksinasi per hari.

Arab Saudi

Vaksin Covid-19 akan tersedia untuk semua orang di Arab Saudi secara gratis. Saudi berharap memiliki cukup vaksin untuk mencakup 70 persen dari populasi pada akhir 2021.

Yordania 

Menteri Kesehatan Yordania Nazir Obeidat mengatakan, vaksin virus corona (Covid-19) akan diberikan kepada warga Yordania secara gratis. Proses pemberian vaksin akan disesuaikan dengan prioritas tertentu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement