Senin 07 Dec 2020 10:58 WIB

Enam Organisasi dan Kelompok Besar Muslim di Jerman

Hingga saat ini setidaknya ada enam organisasi Muslim besar di Jerman.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Islam di Jerman (ilustrasi)
Foto: youtube
Islam di Jerman (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BERLIN -- Populasi komunitas Muslim di Jerman mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pew Research Center pada tahun 2017, melaporkan Muslim merupakan kelompok agama minoritas terbesar di negara dengan jumlah sekitar 5 juta orang.

Seiring berkembangnya komunitas Muslim di negara tersebut, bermunculan pula organisasi dan kelompok Muslim yang menjadi wadah untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi. Dilansir di About Islam, Senin (7/12), hingga saat ini setidaknya ada enam organisasi Muslim besar di Jerman.

1. Kongres Islam Dunia di Jerman (World Islamic Congress in Germany)

Organisasi ini merupakan bagian dari Kongres Islam Dunia dan Kolokium Islam Jerman. Lembaga pendidikan Muslim Jerman pertama untuk anak-anak ini didirikan pada tahun 1932.

2. Institut Pusat Arsip Islam (Central Islamic Archive Institute)

Institut Islam Ma'ahad-ul-Islam didirikan pada tahun 1942, selama Perang Dunia II. Sekarang lembaga ini dikenal dengan nama "Zentralinstitut Islam-Archiv-Deutschland".

3. Diyanet İşleri Türk İslam Birliği (DİTİB)

DITIB merupakan Kepresidenan Turki untuk Urusan Agama cabang Jerman di kota Cologne. Pada 2016, Pemerintah Turki mendanai dan menyediakan staf sebanyak 900 orang untuk mengelola sekitar 3.000 masjid.

4. Islamische Gemeinschaft Jamaat un-Nur

Pada 1979, cabang Risale-i Nur Society di Jerman ditemukan. Kelompok masyarakat ini didirikan atas ajaran dan pemikiran teolog Muslim Sunni Kurdi terkenal, Said Nursî, yang tinggal di Turki selama abad ke-20.

5. Verband der Islamischen Gemeinden der Bosniaken

Organisasi ini didirikan pada tahun 1994 di Kamp-Lintfort dekat kota Duisburg. Pendirian dilakukan setelah sejumlah imigran Bosniak ke Jerman meningkat secara eksponensial selama awal 1990-an. Peningkatan ini terjadi karena kekejaman yang dilakukan Serbia terhadap Muslim Bosnia selama Perang Kemerdekaan Bosnia.

6. Dewan Pusat Muslim di Jerman

Organisasi ini merupakan federasi Islam di Jerman. Dengan 15.000 hingga 20.000 anggota, kebanyakan berasal dari Jerman, Arab Jerman, dan Muslim Turki Jerman. Anggota organisasi ini kurang dari setengah ukuran Islamrat für die Bundesrepublik Deutschland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement