Jumat 13 Nov 2020 00:54 WIB

Ini Alasan Kelelahan Pandemi Terjadi

Mereka terbuai untuk percaya bahwa mereka kurang rentan terhadap Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ini Alasan Kelelahan Pandemi Terjadi (ilustrasi).
Foto: Dok. Pribadi/Sutiono
Ini Alasan Kelelahan Pandemi Terjadi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat pandemi berlarut-larut, mengikuti pedoman pencegahan Covid-19 bisa terasa menjadi semakin menantang.

Kelelahan semacam ini tidak hanya terjadi pada tindakan pencegahan pandemi seperti menjaga jarak sosial, memakai masker dan mencuci tangan. Dengan semua jenis perubahan perilaku yang berhubungan dengan kesehatan, termasuk meningkatkan aktivitas fisik, makan sehat, dan mengurangi penggunaan tembakau, setidaknya setengah orang kambuh dalam enam bulan.

Bagaimana hal ini terjadi? Berikut penjelasannya, dilansir di CNN Health, Kamis (12/11):

1. Benarkah Penyakitnya Benar-benar Buruk?

Satu penjelasan untuk tidak mematuhi pencegahan datang ke dua prediktor penting dari perilaku kesehatan. Salah satunya adalah kerentanan yang dirasakan, seberapa besar kemungkinan Anda terkena penyakit? Yang kedua adalah keparahan yang dirasakan: jika Anda terinfeksi, menurut Anda seberapa buruk hal itu?

Ada lebih dari 52 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia. Bergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin kenal hanya beberapa orang yang terjangkit Covid-19, meskipun jumlahnya secara nasional tinggi. Ini dapat mengurangi kerentanan yang dirasakan.

Ketika para dokter mengetahui lebih banyak tentang virus corona dan metode pengobatannya meningkat, tingkat kematian menurun. Namun, orang- orang melihat tren seperti ini dan membiarkan diri mereka terbuai untuk percaya bahwa mereka kurang rentan terhadap Covid-19 atau bahwa tingkat keparahan penyakit tidak seburuk itu. 

Apalagi ada pemikiran seperti ini: sudah delapan bulan pandemi dan saya belum sakit.

2. Semua orang melakukannya

Norma sosial adalah aturan tidak tertulis tentang bagaimana Anda seharusnya berperilaku dalam masyarakat. Sementara norma sosial dapat dikomunikasikan dengan banyak cara, salah satu jalur utamanya adalah melalui pembelajaran observasional. 

Bagaimana orang lain seperti Anda berperilaku dalam situasi serupa? Melihat itu memberi Anda peta jalan untuk perilaku Anda sendiri.

Ketika berbagai sektor usaha dibuka kembali, dan orang-orang banyak yang mengabaikan aturan memakai masker dan pembatasan sosial, orang-orang lainnya akan meniru hal tersebut.

3. Rindu untuk bersosialisasi

Jaga jarak telah meningkatkan perasaan isolasi sosial dan kesepian bagi banyak orang, terutama di antara orang dewasa yang lebih tua dan orang yang tinggal sendiri.

Manusia secara alami adalah makhluk sosial. Jadi isolasi sosial bisa sangat tidak menyenangkan. Dan itu dapat menyebabkan berbagai hasil kesehatan yang buruk termasuk hipertensi dan tidur yang buruk. 

Triknya adalah menyeimbangkan jarak fisik dengan keterhubungan sosial. Para peneliti tahu bahwa mengenang atau bernostalgia tentang minum atau merokok adalah salah satu faktor risiko utama kambuh.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap aman dan waras?

Orang-orang perlu melipatgandakan tingkat kewaspadaan yang dapat dipertahankan selama berbulan-bulan mendatang, menjaga keamanan sambil tidak menambah isolasi sosial mereka.

Beberapa rekomendasi harus diikuti dengan ketat. Pencucian tangan meningkat secara dramatis setelah dimulainya pandemi. Mudah-mudahan ini akan tetap tinggi, karena ini adalah cara dasar untuk menangkal banyak penyakit menular dan yang dapat Anda pertahankan tanpa efek negatif pada kesehatan mental.

Masker juga penting. Namun, jaga jarak fisik yang mungkin paling sulit. Pakar kesehatan masyarakat sering menganjurkan pendekatan pengurangan dampak buruk untuk perilaku di mana pantang tidak memungkinkan, ini adalah cara untuk meminimalkan tetapi tidak menghilangkan risiko. Keramaian dan pertemuan besar masih perlu dihindari.

Jika Zoom dan obrolan video lainnya menjadi basi, Anda bisa mengadakan pertemuan kecil. Namun, ketahuilah bahwa meskipun ada cara untuk meminimalkan bahaya, bersosialisasi dalam kelompok memiliki risiko. Ingat, kebersamaan Anda bersama teman akan sama-sama berisiko.

Kelelahan karena pandemi itu nyata, dan sangat menguras tenaga untuk tetap waspada dari bulan ke bulan. Memahami dengan lebih baik dapat membantu Anda memperkuat tekad Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement