Sabtu 15 Aug 2020 17:11 WIB

Cara Berbeda Lacak Arah Kiblat dari Masa ke Masa 

Umat Islam memakai beragam media untuk menentukan arah kiblat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam memakai beragam media untuk menentukan arah kiblat. Arah Kiblat
Umat Islam memakai beragam media untuk menentukan arah kiblat. Arah Kiblat

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi jutaan Muslim di seluruh dunia, bepergian adalah bagian dari rutinitas mereka. Baik untuk studi, bisnis atau kesenangan. Kebutuhan untuk memulai perjalanan jarak jauh muncul terus menerus. Sehingga muncul tantangan untuk menentukan arah kiblat yang benar saat dalam perjalanan tersebut. 

Pentingnya mengidentifikasi kiblat atau arah menuju Kabah di Makkah terletak pada kewajiban melaksanakan sholat lima waktu dalam kehidupan seorang Muslim. Ketika sebuah masjid dapat diakses di negara asalnya masing-masing, banyak Muslim yang tidak peduli tentang ini karena kiblat sudah diidentifikasi di dalam masjid mereka.  

Namun, ketika seseorang sedang bepergian dan tidak dapat menemukan masjid. Maka cara mengetahui dan menemukan arah kiblat diperlukan dan menjadi keterampilan praktis.  

Pengamatan yang tepat, serta kemampuan luar biasa untuk mendapatkan solusi baru bagi masalah kuno, mungkin adalah yang membuat ilmuwan Muslim menonjol di Abad Pertengahan. Oleh karena itu tidak mengherankan ketika mereka memulai perjalanan yang sulit secara matematis menentukan kiblat.   

 

Menurut artikel yang ditulis Abdul-Lateef Balogun dan dipublikasikan laman About Islam pada 8 Agustus 2020. Teka-teki kuno adalah menemukan cara untuk menemukan arah Kabah di Makkah setiap saat. Dengan menggunakan trigonometri tingkat lanjut, Muslim akhirnya menghasilkan tabel kiblat Abad Pertengahan yang memiliki tingkat akurasi tinggi.  

Namun, kecanggihan tabel ini yang bahkan para ahli geografi Eropa pada waktu itu tidak dapat sepenuhnya memahami, sehingga membatasi penggunaannya (Lunde). Instrumen populer lainnya yang digunakan untuk menentukan kiblat kemudian menjadi Astrolabe.  

photo
Astrolabe - (archaeology.about.com)

Awalnya dirancang terutama untuk astrologi, navigasi dan survei. Astronom dari dunia Islam segera menemukan kegunaan lain Astrolabe. Dengan menambahkan tabel khusus ke tabel yang sudah ada di belakang Astrolabe konvensional, ia memiliki fungsi tambahan untuk menemukan arah ke Makah dan kiblat. (winterburn). 

Dengan penyebaran Islam yang cepat, muncul permintaan akan instrumen yang lebih akurat dan lebih mudah digunakan. Supaya arah kiblat dapat ditentukan dengan mudah.  

Alat itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan populasi Muslim yang berkembang dan telah menyebar jauh di luar Jazirah Arab. Sehingga membuat penentuan kiblat dengan instrumen yang tersedia menjadi tugas yang lebih menantang.  

Pada abad ke-13, pengenalan kompas ke dunia Islam merevolusi seluruh proses pencarian kiblat (winterburn). Dengan memasukkannya ke dalam astrolab, Makkah bisa ditemukan dari mana saja di seluruh dunia Islam.  

Kemajuan lebih lanjut melihat kompas digunakan bersama dengan indikator kiblat lainnya seperti indikator jam Matahari dan kiblat Persia yang semuanya cukup terkenal selama abad ke-18.  

Pada akhir abad ke-20, alat berbasis kompas dibuat untuk membantu umat Islam menemukan kiblat dengan cepat. Sebuah kompas yang diberi tanda dan kode khusus untuk kota-kota besar di seluruh dunia dan dengan gambar Kabah di dalam dial-nya menjadi populer. 

Kompas serupa yang ditempelkan pada sajadah portabel juga menjadi umum dijual di seluruh dunia. Tetapi di abad ini, banyak hal tidak bisa menjadi lebih baik bagi umat Muslim.

photo
Kompas penunjuk arah - (dok. kemenag.go.id)

Dengan menjamurnya smartphone dan gadget digital lainnya, masalah yang biasa dihadapi saat mencoba menemukan kiblat dengan cepat memudar. Baik itu jam tangan, ponsel, atau perangkat GPS genggam, yang paling penting adalah memastikan mereka dilengkapi dengan kompas atau peta yang relevan untuk dapat melakukan fungsi yang diperlukan untuk menemukan kiblat secara real-time.

Tren terbaru penggunaan Layanan Berbasis Lokasi (LBS). LBS melibatkan solusi perangkat lunak yang dikonfigurasi untuk bekerja dengan perangkat seluler genggam, yang pada gilirannya beroperasi pada jaringan nirkabel tertentu.

Ketika digunakan bersama dengan aplikasi server Sistem Informasi Geografis (GIS), ini dengan mudah memberikan pemilik perangkat informasi penting seperti rute dan lokasi.

Kombinasi teknologi GIS dan GPS memiliki kemampuan analitis yang memungkinkan untuk menentukan lokasi individu dari setiap pengguna ponsel. Setelah itu, informasi yang diperlukan seperti lokasi kiblat dan tempat-tempat menarik lainnya disajikan kepada pengguna melalui antarmuka peta. 

Untuk perangkat yang tidak mendukung antarmuka peta grafis, informasi yang diminta datang dalam bentuk instruksi tekstual atau audio. Sayangnya, mahalnya harga gadget ini membatasi jumlah calon pembeli dan pengguna. 

Mirip dengan kontroversi tentang penampakan bulan terutama menjelang bulan suci Ramadhan. Penemuan arah kiblat adalah salah satu topik yang terkadang menyebabkan perselisihan saat dibicarakan.

Sementara beberapa orang percaya bahwa bagian tengah wajah harus sejajar sempurna dengan pusat Kabah agar shalat menjadi sah. Yang lain percaya bahwa posisi ini terlalu kaku dan tidak perlu dilakukan. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

ما بينَ المشرقِ والمغربِ قِبلةٌ

“Apapun yang antara timur dan barat adalah Kiblat.” (HR al-Tirmdihi dan Ibn Maajah)

Meski singkat, makna mendalam yang diturunkan dari hadits ini menjadi dasar dari banyak putusan fatwa Islam tentang Kiblat.

Alhasil, mayoritas ulama, termasuk dua dari empat Imam besar, Ahmad ibn Hanbal dan Abu Hanifah berpendapat bahwa yang dekat dengan Kabah wajib menghadap secara langsung, sedangkan orang yang jauh dari itu harus mencari arah umum Kabah tanpa harus menghadapinya dengan tepat. 

Oleh karena itu, sedikit penyimpangan dalam kiblat umumnya dianggap sebagai sesuatu yang diperbolehkan selama jamaah telah melakukan yang terbaik dalam berusaha untuk melakukannya dengan benar, dan kesempurnaan pasti terletak pada Allah SWT saja. Mungkin tidak banyak yang perlu dikhawatirkan jika penyimpangan dari kiblat sedikit, tetapi apa yang terjadi jika penyimpangannya?  

Menurut putusan yang dikeluarkan badan pengambil keputusan keagamaan tertinggi di Kerajaan Arab Saudi. Jika seorang jamaah melakukan yang terbaik untuk mengidentifikasi arah kiblat dan shalat, maka dia menemukan bahwa dia salah, sholatnya masih sah. (Fataawa Al-Lajnah Al-Daa'imah-6/314)

Terkait penyimpangannya kecil atau besar, kuncinya ada pada upaya aktual dan tingkat ketulusan yang ditampilkan dalam mencoba mencari tahu arah kiblat yang benar. Oleh karena itu, pertengkaran yang terkadang muncul ketika mencoba untuk menetapkan posisi kiblat yang tepat di lokasi tertentu mungkin saja tidak beralasan.  

Sebagai Muslim, kami memiliki keyakinan kuat bahwa apapun yang Allah perintahkan kepada kami pada akhirnya adalah untuk keuntungan kami, dan ini termasuk menghadap Kabah dalam shalat.

Dengan cara yang sama kita berjuang siang dan malam, menghabiskan banyak uang untuk memperoleh pendidikan berkualitas, mobil mewah, dan rumah, kita perlu menyalurkan sumber daya, energi dan semangat yang sama terhadap agama kita.  

Dengan melakukan itu, kita cenderung selalu mendapatkan arah kiblat yang benar terlepas dari belahan dunia mana kita berada. Jika tidak, Tuhan kita Mahapenyayang dan Pemaaf.

Sumber:  https://aboutislam.net/muslim-issues/science-muslim-issues/qiblah-finding-art-made-easier-through-ages/   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement