Rabu 01 Jul 2020 18:18 WIB

Gaji Pemain tak Pengaruhi Pemilihan Tim di Arsenal

Arteta menekankan taktik menjadi alasan mengapa tidak memilih Ozil.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ekspresi Mesut Oezil.
Foto: EPA-EFE/WILL OLIVER
Ekspresi Mesut Oezil.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menegaskan, gaji tak akan mempengaruhi pemilihan tim. Termasuk ketika mempertimbangkan Mesut Ozil untuk masuk dalam tim.

Ozil mendapat gaji mingguan sebesar 350 ribu pound. Namun sejak musim 2019/2020 kembali dimulai pascapandemi, Ozil belum pernah bermain meski hanya satu menit.

Arteta menekankan taktik menjadi alasan mengapa tidak memilih Ozil. Apalagi, Ozil sedang dalam masa pemulihan cedera. Ozil harus absen ketika Arsenal menghadapi Norwich City karena sakit punggung. Meski Arteta menekankan dia memilih pemain berdasarkan kualitas sepak bola.

"Kontrak Ozil adalah perjanjian yang dilakukan oleh pemain dan klub, tapi itu tidak pernah menjadi sesuatu yang harus saya nilai," kata Arteta dilansir dari laman Sky Sports, Rabu (1/7).

Arteta menegaskan, tidak pernah menilai pemain untuk menjadi tim berdasarkan nilai kontrak. Arteta pun sadar Ozil tidak senang harus berada di bangku cadangan.

"Saya percaya bahwa dia tidak terlalu bahagia karena dia tidak bermain. Tapi dia juga mengalami cedera pada suatu hari dan kita harus menunggu dan melihat dia berkembang," kata Arteta.

Dia berharap Ozil tidak kecewa karena tidak mengambil bagian dalam tim utama. Namun dia percaya semua pemain memiliki kualitas yang bagus dan ingin membantu skuad dengan sebaik mungkin.

Arteta memang tidak asing dengan Ozil. Keduanya sama-sama membela Arsenal hingga akhirnya Arteta gantung sepatu pada 2016.

"Mesut memiliki kualitas yang unik. Dia adalah pemain yang sangat istimewa untuk posisi yang dimainkannya. Seberapa spesifik dia dalam kualitas yang dia miliki dan apa yang dapat dia bawa ke tim. Saya tidak berpikir banyak yang telah berubah," katanya.

"Jelas dia beradaptasi dengan liga dan dia membutuhkan waktu tetapi dia mulai tampil cukup cepat dan dia memantapkan dirinya di liga ini untuk waktu yang lama, sesuatu yang tidak mudah dilakukan," kata Arteta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement