Selasa 09 Jun 2020 20:05 WIB

Perusahaan Korsel Sebut Obat Antiparasit Efektif untuk Covid

Obat antiparasit, niclosamide, efektif menghilangkan Covid-19

Virus corona
Foto: www.freepik.com
Virus corona

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Perusahaan farmasi asal Korea Selatan, Daewoong Pharmaceutical, mengumumkan bahwa obat anti-parasit, niclosamide, efektif menghilangkan virus corona baru (SARS-CoV-2), penyebab Covid-19, dari paru-paru hewan dalam proses uji coba.

Produsen obat di seluruh dunia saat ini berlomba-lomba untuk mengembangkan formula untuk menyembuhkan Covid-19, penyakit yang telah menewaskan lebih dari 400.000 orang sejak pertama kali mewabah di China akhir tahun lalu.

Daewoong mengatakan hasil uji coba menunjukkan obat anti-virusnya mampu menyembuhkan penyakit yang menyerang jaringan paru-paru musang serta mencegah terjadinya peradangan. Perusahaan itu berencana mengadakan uji coba klinis atau tes obat terhadap manusia pada Juli 2020.

Tiga perusahaan lainnya di beberapa negara juga menguji coba niclosamide sebagai obat Covid-19. Namun, hanya Daewoong yang mengembangkan obat itu agar tidak untuk dikonsumsi secara oral atau lewat mulut. Daewoong menguji coba obat itu ke musang selama tiga bulan.

"Berdasarkan hasil uji coba positif terhadap hewan, kami berencana melengkapinya dengan uji coba klinis ke manusia dan mendapatkan izin untuk obat Covid-19 pada akhir tahun ini," kata Direkur Eksekutif Daewoong Pharma, Jeon Seng-ho.

Sejauh ini, belum ada obat Covid-19 yang tersedia dan beberapa uji klinis obat anti-virus belum memberikan hasil yang final.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement