Kamis 23 Apr 2020 19:35 WIB

Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Malut Melonjak

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Makassar melonjak menjadi 14 orang.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara menyatakan, berdasarkan hasil laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Kamis (23/4), pasien terkonfirmasi positif Covid-19 melonjak menjadi 14 orang.

"Gugus Tugas menerima hasil laboratorium dari BBLK untuk tiga specimen, dua di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 dan satu orang lainnya negatif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf, M.Kes melalui siaran pers yang diterima Antara, Kamis (23/4).

Oleh karena itu, dari 19 spesimen yang dikirim, dengan hasil 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sembilan orang negatif.

Sehingga, dari hasil spesimen uji laboratorium BBLK Makassar itu, maka hingga hari ini, Malut memiliki jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 14 orang, selanjutnya dua positif Covid-19 untuk hari ini disebut sebagai kasus positif 13 dan 14, sedangkan dua orang lainnya dinyatakan sembuh.

 

Sehari sebelumnya, dari 16 spesimen yang terima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak delapan orang ini, maka Malut telah memiliki 12 orang positif Covid-19.

Dimana, dari delapan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, Kota Ternate lima orang, Tidore Kepulauan satu orang dan Halmahera Utara dua orang.

Alwia menyebutkan, untuk Orang Tanpa Gejala tercatat 193 orang, atau terjadi peningkatan sebanyak 26 orang hasil dari tracking kontak pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya.

Begitu pula, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 239 orang atau terjadi pengurangan untuk hari ini sebanyak dua orang secara kumulatif, hal ini dikarenakan telah selesainya masa pemantauan selama 14 hari.

Sedangkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 10 orang, artinya terjadi penurunan sebanyak dua orang karena telah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk pemeriksaan rapid tes sampai hari ini telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 1058 orang dan didapatkan hasil 78 orang reaktif dari OTG 33 orang, ODP 26 orang, PDP dua orang dan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit 17 orang serta 980 orang dengan hasil rapid tes non reaktif," katanya.

Gugus Tugas juga mencatat, saat ini, menjalankan karantina di Sahid Hotel untuk OTG 30 orang, ODP 20 orang dan PDP 10 orang, sedangkan dirawat di RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak 11 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan PDP satu orang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement