Kamis 19 Mar 2020 21:10 WIB

Bank Ajak Konsumen Pakai Transaksi Digital

Transaksi digital meminimalkan penyebaran virus melalui uang tunai. 

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
 Warga melakukan transaksi meggunakan mesin ATM Bank Permata Syariah di Jakarta, Senin (26/12).(Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga melakukan transaksi meggunakan mesin ATM Bank Permata Syariah di Jakarta, Senin (26/12).(Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Permata Bank mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam memanfaatkan akses aplikasi perbankan daring. Beralih ke transaksi digital dan mengurangi penggunaan uang tunai dalam kegiatan sehari-hari dapat meminimalisasi penyebaran virus korona Covid-19.

"Di saat serba tidak menentu seperti sekarang, Permata Mobile X dapat menjawab imbauan dari WHO dan pemerintah sebagai salah satu cara untuk mengurangi transaksi tunai," kata Head Corporate Affairs PermataBank Richele Maramis lewat pernyataan resminya.

Pemerintah Indonesia telah mendorong penerapan pembatasan sosial dengan cara beribadah, belajar, dan bekerja dari rumah. Memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari dapat menjadi kendala, apalagi jika harus mengunjungi bank dan pergi ke luar rumah.

Richele mengatakan, aplikasi perbankan menjadi jawaban karena berbagai fiturnya dapat memenuhi kebutuhan transaksi nasabah. Beberapa di antaranya adalah QR pay, transfer antarbank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi.

Selain mendorong pemanfaatan aplikasi perbankan daring, Permata Bank juga menyosialisasikan sejumlah tindakan-tindakan yang perlu dilakukan selama pandemi Covid-19. Mengingat, virus Covid-19 dapat ditularkan melalui uang tunai yang sering berpindah tangan.

Richele menganjurkan untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun di bawah air mengalir sebelum dan sesudah beraktivitas. Tindakan lain yaitu menggunakan masker wajah jika ke luar rumah, terutama apabila mengalami batuk atau pilek.

Hindari kerumunan orang banyak dan cobalah untuk menghindari menyentuh barang yang tidak higienis seperti uang kertas dan uang koin. Sebagai gantinya, lebih dianjurkan menggunakan QR pay atau alat transaksi digital lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement