Rabu 30 Oct 2019 22:00 WIB

Dua Pasar di Kota Depok Ditargetkan Raih SNI

Kedua pasar itu sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti klinik dan ruang anak.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok memeriksa beras yang dijual di salah satu agen saat sidak beras sintetis di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/5).  (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok memeriksa beras yang dijual di salah satu agen saat sidak beras sintetis di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/5). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok akan memprospek dua pasar untuk meraih Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedua pasar tersebut, yakni Pasar Cisalak dan Pasar Tugu.

Untuk menindaklanjutinya, Disdagin Kota Depok mengirimkan dua kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) pasar tersebut mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Pasar SNI di Bandung. "Bimtek ini dalam rangka pembinaan kepada kepala UPT pasar yang ada di Jawa Barat (Jabar)," kata Kepala Disdagin, Kania Purwanti di Balai Kota Depok, Rabu (30/10).

Kania menambahkan, pihaknya optimistis dalam waktu dekat kedua pasar tersebut akan meraih predikat pasar SNI. "Saat ini baru Pasar Sukatani yang berpredikat SNI. Insya Allah Pasar Cisalak dan Pasar Tugu menyusul," terangnya.

Menurut Kania, selain mengirimkan kepala UPT untuk mengikuti bimtek, pihaknya juga sudah melengkapi segala persyaratan agar kedua pasar tersebut menjadi pasar SNI. "Di kedua pasar itu sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti klinik, ruang bermain anak, dan khusus Pasar Cisalak dilengkapi dengan lift," jelasnya.

Kepala UPT Pasar Cisalak, Sutisna mengatakan, ia mendukung Disdagin Kota Depok untuk meraih predikat Pasar SNI. Maka dari itu, pihaknya selalu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung dan pedagang di pasar tersebut.

Selain itu, lanjut Sutisna, pihaknya juga menjaga sarana dan prasana pasar agar tetap terjaga kelestarianya. "Kami juga berupaya agar pasar ini bisa meraih predikat SNI," terangnya.

Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwan Nasution juga melakukan hal yang sama. Pihaknya juga meningkatkan ketertiban di Pasar Tugu dengan rutin mengecek kebersihan dan kerapihan pasar. "Kami selalu melakukan penataan kepada para pedagang agar tertib dan membuat pengunjung nyaman berbelanja di sini," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement