Senin 09 Sep 2019 10:24 WIB

Pembebasan Lahan Underpass Bulak Kapal 90 Persen

Pembangunan underpass Bulak Kapal molor sudah lama.

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Pekerja menggunakan alat berat mengeruk tanah saat pembangunan jalan tol Salatiga-Boyolali di Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (5/1). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan jalan tol trans Jawa dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Pandaan-Malang selesai pada akhir tahun 2018.
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi Pekerja menggunakan alat berat mengeruk tanah saat pembangunan jalan tol Salatiga-Boyolali di Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (5/1). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan jalan tol trans Jawa dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Pandaan-Malang selesai pada akhir tahun 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pembangunan jalan lintas bawah (underpass) dan lintas atas (flyover) Bulak Kapal telah direncanakan sejak tahun 2008. Namun hingga saat ini, Pemkot Bekasi baru membebaskan 90 persen lahan untuk pembangunan jalan lintas bawah.

Molornya pembangunan proyek lintas atas dan lintas bawah tersebut dikhawatirkan akan memperburuk kemacetan di Kota Bekasi. Warga Kota Bekasi khawatir jika proyek tersebut tak kunjung dilakukan, maka kemacetan di Kota Bekasi akan semakin parah.

Baca Juga

Kepala Seksi Perencanaan dan Pengadaan Lahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kota Bekasi, Usman Sufirman menjelaskan, lambatnya pengerjaan proyek tersebut disebabkan oleh keterbatasan anggaran. Ia menyatakan, saat ini Pemkot Bekasi hanya akan memprioritaskan pembangunan jalan lintas bawah Bulak Kapal, Ahad (8/9).

"Terkendala anggaran karena kebutuhan anggarannya cukup besar. Lokasinya dari arah Terminal Pasar Baru lewat Stasiun Bekasi Timur sampai ke batas Kabupaten Bekasi, itu pembebasan lahannya bisa dibilang sudah 90 persen," kata Usman saat ditemui Republika.co.id di kantornya.

Sedianya Jalan Lintas Bawah Bulak Kapal akan dibangun di Jalan Juanda, tepatnya di sebelah Selatan Taman Makam Pahlawan Bekasi. Sedangkan, Jalan Lintas Atas Bulak Kapal direncanakan akan menghubungkan Jalan H.M. Joyo Martono dengan Jalan Pahlawan.

Dengan anggaran yang terbatas, maka Usman mengatakan, pihaknya akan menuntaskan terlebih dahulu proyek pembangunan jalan lintas bawah. Ia mengaku, pihaknya telah membebaskan lahan secara bertahap pada 2017, 2018, dan 2019. Hingga saat ini setidaknya masih terdapat 11 lahan yang belum dibebaskan.

 "Nilainya tinggi soalnya, karena jalur utama deket tol. Ada yang minta Rp 15-20 juta per meternya," ujarnya.

Atas kendala tersebut, Kasi Perencanaan dan Pengadaan Lahan itu akan melakukan konsultasi terkait penilaian (appraisal) lahan. Berdasarkan penelusuran Republika di situs sirup.lkpp.go.id, Pemkot Bekasi melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan menyiapkan dana sebesar Rp 50 juta untuk jasa konsultasi pada April 2019.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Saut Hutajulu menjelaskan, proyek pembangunan lintas bawah dan lintas atas tersebut didorong adanya program rel ganda yang melintasi Jalan Pahlawan, Kota Bekasi. 

"Kalau nanti double track jadi, diperkirakan setiap tiga sampai lima menit sekali akan ada kereta. Kalau tidak disiapkan underpass, bisa diperkirakan sendiri lalu lintasnya seperti apa," kata Saut saat dihubungi Republika.co.id.

Selain lantaran program rel ganda, Saut menjelaskan, pembuatan jalan lintas bawah dan lintas atas itu memang ditujukan untuk mengurai kemacetan. Ia menuturkan, persimpangan Jalan Juanda yang terletak di sebelah selatan Taman Makam Pahlawan Bekasi itu merupakan salah satu titik macet.

"Selain di situ, ada juga di daerah Kalimalang dan Jalan Ahmad Yani. Biasanya jam macet kalau pagi sekitar pukul 6.00-8.00 WIB. Sedangkan kalau sore sekitar pukul 16.00-19.00 WIB," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement