Rabu 17 Apr 2019 21:52 WIB

Hasil Hitung Cepat Populi Center: Jokowi-Maruf Menang

Berdasarkan hasil hitung cepat, Jokowi-Maruf memperoleh 54,01 persen suara di pilpres

Capres Jokowi sesaat menggunakan hak suaranya di TPS 008, Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Rabu (17/4)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Capres Jokowi sesaat menggunakan hak suaranya di TPS 008, Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Rabu (17/4)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Populi Center menetapkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin, sebagai pemenang pilpres 2019 versi hitung cepat (quick count), yang dilakukan lembaga itu. Hasil hitung cepat menunjukan Jokowi-Maruf memperoleh suara sebesar 54,01 persen.

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, penghitungan cepat dilakukan di 2000 tempat pemungutan suara (TPS), yang ada di seluruh Indonesia. Ia mengatakan, hingga pukul 21.23 WIB, data yang masuk sebesar 97,9 persen atau sebanyak 1959 TPS.

Baca Juga

"Hasil hitung cepat menunjukan bahwa pasangan Jokowi-KH Maruf Amin unggul dengan perolehan suara 54,01 persen," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (17/4).

Sementara untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno, berdasarkan hitung cepat memperoleh suara sebesar 45,99 persen. "Penghitungan cepat (quick count) ini bukanlah hasil resmi pemilu, hasil resmi hanya dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum," ujar Hartanto.

 

Populi center merupakan salah satu lembaga nirlaba yang ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan penghitungan cepat pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. Selain Populi Center, beberapa lembaga survei juga melakukan proses hitung cepat dan hasilnya juga telah diumumkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement