Jumat 14 Dec 2018 14:40 WIB

Menteri BUMN Setujui NTT Miliki Perusahaan Listrik

Perusahaan listrik ini akan mengelola energu baru dan terbarukan di NTT

Pembangkit listrik
Foto: Edwin/Republika
Pembangkit listrik

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menyetujui rencana pemerintah setempat membangun perusahaan listrik daerah. Ia mengatakan, daerah setempat akan memiliki perusahaan listrik sendiri untuk mengelola energi baru dan terbarukan di daerah setempat.

"Saya sudah di-WA (Whats App) ibu Menteri BUMN yang menyetujui kita bangun perusahaan listrik daerah sendiri," katanya di Kupang, Jumat (14/12).

Untuk itu, Gubernur Viktor mendorong investor yang bergerak di bidang industri untuk terus bertumbuh. Menurutnya, NTT akan menuju ke daerah yang memiliki energi yang cukup dan mengelolanya untuk kepentingan industri dan berbagai sektor pembangunan lainnya.

"Saya harapkan ini akan bertumbuh, karena masih banyak ruang kosong," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, masalah elektrifikasi listrik yang masih rendah di NTT bukan hanya masalah pemerintah pusat, melainkan masalah semua masyarakat di daerah. Untuk memenuhi energi listik, menurutnya, tidak bisa hanya menaruh harapan pada pihak PLN karena perusahaan tersebut juga memiliki keterbatasan anggaran dan sumber daya.

Nantinya, kata dia, di setiap daerah setempat akan dibangun perusahaan listrik memanfaatkan dana APBD provinsi dan kabupaten/kota. "Dengan membangun perusahaan listrik di setiap kabupaten maka mimpi elektrifikasi 100 persen listrik di NTT bisa tercapai," katanya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement