Senin 29 Oct 2018 18:18 WIB

Anies Rombak Jajaran Direksi PT Transjakarta

Perombak juga dilakukan di jajaran Komisaris Transjakarta

Rep: Sri Handayani/ Red: Nidia Zuraya
Bus Transjakarta
Bus Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan kembali melakukan restrukturisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang transportasi, yakni PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Penggantian pengurus diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa Sirkuler (keputusan di luar RUPS Fisik).

Acara serah terima dilakukan hari ini di Kantor Badan Pembinaan (BP) BUMD. Di internal PT Transjakarta, terdapat dua pejabat yang diberhentikan. Andri Yansyah diberhentikan sebagai komisaris dan Budi Kaliwono dicopot dari jabatan Direktur Utama.

Selanjutnya, posisi Komisaris PT Transjakarta digantikan oleh Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit. Terhitung mulai Senin (29/10), posisi Budi Kaliwono digantikan oleh Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono.

Selama melaksanakan tugasnya, Budi Kaliwono dinilai sukses dalam meletakkan landasan transportasi publik di Jakarta. Melalui Jak Lingko, PT Transportasi Jakarta telah bekerja sama dengan 11 Oktober bus kecil. Dalam satu tahun, jumlah penumpang meningkat dari 420 ribu per hari menjadi 721 ribu per hari.

Selama 2016, PT Transjakarta telah mengangkut penumpang sebanyak 123,7 juta orang meningkat menjadi 144,8 juta orang pada 2017. Pada 2018, bus Transjakarta telah mengangkut 127,5 juta orang sampai bulan September 2018.

"Saya berterima kasih kepada Pak Budi Kaliwono dalam mengelola PT Transjakarta dari 2016 sampai dengan sekarang, sehingga transportasi di Jakarta semakin baik dan terintegrasi. Untuk direksi yang baru saya harapkan dapat menyelesaikan pekerjaan rumah (PR), seperti pembinaan pegawai dan pengelolaan aset," ungkap Kepala BP BUMD Provinsi DKI Jakarta Yurianto, Senin (29/10).

Selain kedua pejabat di atas, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan juga mengangkat dua pejabat lain, yakni Welfizon Yuza sebagai Direktur Keuangan PT Transjakarta. Welfizon sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pelayanan dan Pengembangan.

Posisi Welfizon digantikan oleh Achmad Izzul Waro. Achmad Izzul pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Ia juga merupakan anggota tim sukses Anies-Sandi yang kemudian menjabat sebagai anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement