Ahad 05 Aug 2018 21:19 WIB

Gempa Lombok Dirasakan di Jawa Timur

Warga diminta tetap waspada.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Friska Yolanda
Korban gempa berada di Klinik Kimia Farma di Denpasar, Bali, Ahad (5/8).
Foto: Antara/Wira Suryantala
Korban gempa berada di Klinik Kimia Farma di Denpasar, Bali, Ahad (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Serangkaian gempa baru saja terjadi di barat laut Lombok timur yang dirasakan begitu kuat hampir di semua titik di Lombok. Bahkan, gempa turut dirasakan di Bali maupun Jawa Timur.

"Dirasakan sampai Jawa Timur, sekitar daerah Malang," kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), I Nyoman Sukanta, kepada Republika.co.id, Ahad (5/8).

Namun, sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka-luka yang diakibatkan gempa tersebut di Jawa Timur. Termasuk, laporan kerusakan yang dialami khususnya di Kota Malang dari gempa tersebut.

Baca juga, Warga Lombok Tengah Memilih Bertahan di Luar Rumah

Masyarakat tetap diminta waspada mengingat adanya potensi tsunami. Bahkan, BMKG Pusat sudah mengingatkan kalau waktu tiba gelombang dapat berbeda, dan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Meski begitu, gempa yang berpusat di Kabupaten Sumbawa, 8,37 lintang selatan dan 116.48 bujur timur dengan kedalaman 15 kilometer itu belum dirasakan di provinsi-provinsi Jawa lain seperti DI Yogyakarta.

"Tidak sampai dirasakan di DI Yogyakarta," ujar Nyoman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement