Rabu 18 Jul 2018 14:16 WIB

Ketua DPR Doakan SBY Cepat Sembuh dan Bertemu Prabowo

Bambang menilai pertemuan SBY-Prabowo penting untuk pastikan peta konstelasi politik.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPR Bambang Soesatyo
Foto: ANTARA FOTO/Elang Senja
Ketua DPR Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua DPR Bambang Soesatyo menyebut pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sangat penting untuk memastikan peta konstelasi politik ke depan. Namun pertemuan itu urung dilaksanakan karena kondisi kesehatan SBY yang menurun sehingga dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

"Mudah-mudahan semoga Pak SBY segera sembuh dan melanjutkan pertemuan dengan Prabowo. Karena pertemuan itu penting untuk memastikan peta konstelasi politik ke depan," ujar Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/7).

Wakil Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar itu juga memprediksi pasca pertemuan, Partai Demokrat akan bergabung ke koalisi yang dibangun oleh Partai Gerindra.  Sebab sejauh ini koalisi yang sudah ada yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Namun koalisi masih terus merumuskan dan belum menentukan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pilpres 2019 nanti.

"Saya pribadi ya. Bacaan politik saya. Demokrat akan bergabung dengan Gerindra kemudian koalisi Gerindra. Sehingga dengan demikian peta politik pertarungan Pilpres ke depan makin jelas. Ada dua kubu yang akan dan siap bertarung di Pilpres 2019," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya.

Baca juga: SBY Dirawat di RSPAD, Pertemuan SBY-Prabowo Hari ini Diundur

Diketahui, pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Rabu (18/7) hari ini ditunda. Pertemuan semula direncanakan digelar di Kediamann SBY di Jalan Mega Kuningan Timur, Jakarta Selatan pun urung dilaksanakan.

Pihak Partai Demokrat mengkonfirmasi alasan penundaan karena kondisi kesehatan SBY. Saat ini, SBY disebut sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Pertemuan  SBY dengan Prabowo diundur karena Pak SBY kelelahan sehabis dari Pacitan dan Jogja dan sedang dirawat sejak tanggal di 17 Juli di RSPAD," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan kepada wartawan, Rabu (18/7) pagi.

Namun Syarief tidak mengungkap waktu penjadwalan ulang pertemuan keduanya. Karenanya belum diketahui sampai kapan waktu penundaan pertemuan keduanya. Adapun pertemuan antara SBY-Prabowo hari ini memang telah direncanakan sejak lama. Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut pertemuan Prabowo dengan Syarief Hasan beberapa waktu lalu terkait Pilpres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement