Senin 19 Feb 2018 19:21 WIB

Keluarga Paduan Angklung ITB Gelar Konser

Diharapkan konser bisa mempopulerkan musik angklung.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Konser Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung (KPA ITB) 2018, di Aula Barat ITB, Jl Ganeca, Kota Bandung, Ahad (18/2).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Konser Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung (KPA ITB) 2018, di Aula Barat ITB, Jl Ganeca, Kota Bandung, Ahad (18/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Alunan musik angklung menyeruak ramai di gedung aula barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Ahad (18/2) malam lalu. Para pemain yang berasal dari Keluarga Paduan Angklung (KPA) menggelar konser "Sound Of The Seasons 2018". Penonton yang memadati dalam gedung antusias menyaksikan perhelatan dua tahunan tersebut.

Konser yang digelar sekitar pukul 19.00 WIB dimulai dengan cerita narator tentang mother nature yang dijaga oleh empat musim yang berbeda yaitu musim panas, semi, musim dingin dan gugur. Disela-sela narator bercerita, para pemain angklung yang terdiri dari laki-laki dan perempuan memasuki area panggung. Sesi pertama dimulai.

Sesaat setelah narator bercerita, konduktor yang memimpin langsung mengajak para pemain memainkan angklungnya dengan lagu pertama yang dibawakan The Entertainer, dengan komposer Scott Joplin. Usai membawakan lagu, tepuk tangan para penonton pecah mengapresiasi musik tersebut.

Ditengah-tengah memainkan musik, penari yang memakai pakaian dengan bentuk bunga mawar mengikuti alunan musik The Entertainer. Konser dilanjutkan dengan memainkan lagu Rather Be menggunakan musik angklung. Beberapa pemain bas dan drum ikut bermain termasuk penyanyi. Dilanjutkan dengan lagu Cake The Ocean.

Usai tiga buah lagu dimainkan, narator kembali bercerita tentang empat musim. Para pemain angklung yang sudah memainkan tiga lagu digantikan dengan pemain lainnya. Tiga buah lagu dimainkan dengan menggunakan musik angklung.

Dari mulai lagu Wake Me Up When September Ends, Perfect, Viva La Vida diiringi penyanyi latar. Para pemain angklung pun berganti dengan pemain lainnya. Dua buah lagu terakhir di sesi pertama dimainkan para pemain yaitu Bamboo Dance aransemen KPA ITB dan I Will Survive milik Demi Lovato.

Sesi pertama telah usai, para pemain angklung beristirahat selama 20 menit dan melanjutkan sesi kedua dengan beberapa lagu yang dimainkan yaitu A Dream Is A Wish Your Heart Makes, Rolling In The Deep, Lost Stars, Dont Stop Me Now, Pirates Of The Caribbean Medley, Eternal Flame, How Far Il Go, dan Fireworks.

photo
Konser Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung (KPA ITB) 2018, di Aula Barat ITB, Jl Ganeca, Kota Bandung, Ahad (18/2).

Dalam sambutannya, Ketua Konser KPA, D'Aqnan Marusaha M mengungkapkan kegiatan konser yang diadakan Ahad malam dipersiapkan selama enam bulan. Diharapkan hasilnya bisa memberikan yang terbaik bagi penonton yang menyaksikan.

Sementara itu, pembina KPA, Dhemi Harlan mengatakan kegiatan konser KPA sudah berlangsung cukup lama dan diadakan rutin. "Alhamdulillah, kegiatan berlangsung teratur dua tahun sekali," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan konser merupakan komitmen KPA untuk melestarikan musik angklung di Bandung, Jawa Barat dan Indonesia. Diharapkan dengan adanya kegiatan rutin semisal konser bisa mempopulerkan musik angklung dan dikenal dan diterima masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement