Ahad 28 Jan 2018 08:33 WIB

Menanti Kepulangan Habib Rizieq

Habib Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad saat bertemu di Makkah
Foto:
Habib Rizieq Shihab

Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Eggi Sudjana menyampaikan persaudaraan Alumni 212, siap menyambut kepulangannya dari Saudi ke Tanah Air. Para alumni itu meminta pemulangan Habib Rizieq Shihab tanpa penangkapan dan tak akan bertanggung jawab jika terjadi kerusuhan lantaran harapan tersebut tak terimplementasikan nanti.

"Jika kepulangannya dihalangi, dipastikan ada konsekuensinya. Ini bukan dari kita, tapi situasi yang dikondisikan karena kita menghendakinya pulang baik-baik," tutur Eggy Sudjana.

photo
Pengacara Eggy Sudjana.

Pengacara Habib Rizieq lainnya, Kapitra Ampera, juga mengungkapkan kabar serupa. Ia berkata kliennya tersebut memang direncanakan sudah tiba di Jakarta Februari mendatang.

Ia berpendapat, kepulangan Habib Rizieq adalah keinginan dari sebagian besar umat Islam di Indonesia. Di samping, kata dia, juga keinginan Rizieq sendiri untuk pulang ke Tanah Air.

"Kepulangan itu keinginan beliau dan kolektif. Tidak ada urusannya dengan kasus hukum beliau. Ini kepulangan seorang warga negara umumnya, bedanya kepulangan ini dirindukan banyak orang," kata Kapitra, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (27/1).

Kapitra mengaku telah melakukan komunikasi dengan Habib Rizieq yang saat ini masih berada di luar negeri. Habib Rizieq, kata dia, akan tetap pulang, meski pun kasus hukum yang tengah dihadapinya belum selesai.

Habib Rizieq, kata Kapitra, berharap kasusnya sudah selesai sebelum ia tiba di Indonesia. Hal itu, menurutnya, agar tidak muncul kegaduhan baru. Kasus yang dihadapi Habib Rizieq bisa saja selesai sebelum ia pulang. Karena berita acara pemeriksaan (BAP) terkait kasusnya telah masuk dan berjalan di pengadilan.

"Insha Allah akan pulang walaupun kasusnya belum selesai. Insha Allah karena beliau punya azzam (tekad kuat). Kepulangan itu masalah lain dan soal status juga masalah lain," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement