Senin 09 Oct 2017 19:14 WIB

Ridwan Kamil Lakukan Kunjungan Kerja ke Eropa

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Elba Damhuri
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja (kunker) ke berbagai negara Eropa. Kunjungan kerja ini dalam rangka menjajaki peluang kerjasama hingga promosi Kota Bandung.

Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Bandung Dodit Ardian Pancapana mengatakan kunker ke Eropa ini untuk mendorong promosi Kota Bandung ke luar negeri. Ridwan dan tim Pemkot Bandung telah bertolak pada Ahad (8/10) malam

"Beliau pada Senin tanggal 9 Oktober jam 12 mulai acara. Sabtu siang selesai acara. Ahad 15 Oktober sampai di Indonesia," kata Dodit seperti dalam rilis yang diterima Republika, Senin (9/10).

Agenda pertama yang akan dilakukan Emil, sapaan karib Wali Kota Bandung, adalah mendampingi Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla menghadiri kegiatan Europalia di Kota Brussels, Belgia. Europalia adalah festival seni dan budaya internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Belgia dan negara sekitarnya.

Pada 2017 ini, Indonesia, melalui Kedutaan Besar RI di Brussels, terpilih menjadi tuan rumah acara. Di ajang tersebut, Emil juga mengantar delegasi budaya dari Kota Bandung yang akan menampilkan kesenian Sunda pada ajang internasional itu.

Agenda selanjutnya, Emil akan menghadiri pertemuan bisnis Indonesia-Belgia di Brussels. Di sana, ia akan melakukan diplomasi, mengajak para pengusaha Belgia untuk berinvestasi di Bandung.

"Masih di Belgia, Emil juga akan pergi ke Kota Namur untuk menandatangani kerja sama sister city. Sebelumnya, ia bersama tim telah mengunjungi kota tersebut untuk penjajakan potensi kerja sama," kata Dodit.

Di Namur, tim Pemerintah Kota Bandung juga melaksanakan persiapan pengadaan "Little Bandung Store" di kota tersebut. Hal ini menambah daftar pendirian "Little Bandung Store" di luar negeri.

Usai di Namur, Ridwan juga akan bertolak ke negara lain untuk penjajakan "Little Bandung Store". Kota-kota yang akan dituju antara lain Bucharest (Rumania), Praha (Ceska), dan Kiev (Ukraina).

"Di Bucharest, Pak Wali Kota akan menyampaikan kuliah umum," ucap Dodit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement