Kamis 02 Mar 2017 04:44 WIB

Kampung KB Sebagai Tempat Terintegrasinya Seluruh Program Pembangunan

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Keluarga Berencana. Ilustrasi
Foto: .
Keluarga Berencana. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Badan Kepedudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan kampung keluarga berencana (KB) yang diinisiasi pada 2016 lalu merupakan tempat terintegrasinya seluruh program-program pembangunan. Direktur Analisis Kependudukan BKKBN Theodora Pandjaitan mengatakan, yang membedakan kampung KB dengan kampung lainnya yaitu kampung ini menjadi tempat terintegrasinya program-program pembangunan.

"Ini yang membedakan dari semuanya ciri khas kampung KB adalah intwgrasi antara program pembangunan yang tidak hanya satu sektor tetapi merealisasikan seluruh pembangunan di kampung KB tersebut," katanya saat pemaparan acara televisi Bengkulu berdialog, di Bengkulu, Rabu (1/3). Sehingga, kata dia, setiap sektor pembangunan boleh merealisasikan pembangunan di kampung KB tersebut.

Ia menjelaskan, awalnya BKKBN mendapat amanat pertama kali dari presiden Indonesia Joko Widodo untuk membentuk kampung KB dan menjangkau masyarakat yang terpinggir. Selain itu untuk menjangkau lokasi yang belum terjamah oleh program pembangunan.

Sementara di nawacita dijelaskan, bagaimana manusia belum terjangkau akses program pembangunan dapat diawali dengan pembangunan manusia berkualitas. "Awalnya melalui program-program KB," katanya.

Ia mengharapkan, kampung ini dapat meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Karena tujuan akhir pembentukan kampung KB adalah itu. Namun demikian, pihaknya berharap masyarakat ikut berpartisipasi. "Kampung KB bukan milik BKKBN," katanya.

Ia mengatakan, BKKBN selaku pemerintah hanya fasilitator yang memberikan wujud realisasi dari setiap program untuk menyejahterakan mayarakat. Sementara masyarakat termasuk pengelola kampung KB dan pihaknya menyerahkan keberlanjutan program kampung KB ke masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement