Rabu 01 Feb 2017 23:32 WIB

Info BMKG, Hujan Lebat Bakal Guyur NTB Hingga Sabtu

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Maman Sudiaman
Hujan lebat
Foto: Antara
Hujan lebat

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok mengeluarkan peringatan dini untuk kondisi cuaca di NTB pada Rabu (1/2) hingga Sabtu (4/2).

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi BIL Joko mengatakan, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Bima, dan Dompu.

"Dari kondisi cuaca di atas secara meteorologis perlu diwaspadai genangan air, tanah longsor dan banjir di wilayah Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, dan Bima," katanya di Mataram, Rabu (1/2).

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil analisis data terbaru, kondisi fisis, dan dinamika atmosfer terdapat pusat tekanan rendah di sebelah barat Australia (1004 hPa), di daratan Australia bagian barat (1007 hPa). Palung tekanan rendah, ia katakan, masih berada di selatan NTB,  dan mengakibatkan terbentuknya daerah  pertemuan angin di wilayah NTB.

Ia menambahkan, suhu muka laut (SST) di sekitar wilayah NTB cukup hangat antara 28 C hingga 29 C, dengan anomali SST sekitar -1.00 hingga + 0.50 C. "Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah NTB," lanjutnya.

Dari pantauan Republika.co.id, hujan tak henti-hentinya mengguyur sejumlah titik di NTB, terutama Kota Mataram sejak Selasa (31/1) malam. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Muhammad Rum mengaku sedang mendata sejumlah wilayah yang mengalami banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak malam kemarin. "(Data banjir) sedang diproses," ujar  Rum.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement