Rabu 02 Nov 2016 14:38 WIB

Warga Minta Pekerjaan Hingga Ambulans ke Sandiaga

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
Anies Baswedan (tengah) dan Sandiaga Uno (kanan)
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Anies Baswedan (tengah) dan Sandiaga Uno (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melanjutkan kampanye di hari keenam ke Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Di tempat ini, warga mengeluhkan berbagai persoalan ke Sandiaga, dari mahalnya harga kebutuhan pokok, susahnya mencari kerja hingga meminta mobil ambulance.

Tokoh pemuda Kelurahan Joglo, Rudi mengatakan, banyak anak muda di daerahnya masih menganggur lantaran susah mencari kerja. Tak hanya yang lulusan SMA, yang lulus kuliah juga masih banyak yang menganggur. Rudi yang juga Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) ini meminta Sandiaga menyelesaikan persoalan ini jika terpilih dalam Pilkada DKI.

"Bang Sandi kan pengusaha, pasti tahu gimana (caranya). Banyak keluhan dari anak muda kepada saya, yang baru lulus, baik SMA maupun kuliah masih banyak yang nganggur," kata dia di hadapan Sandiaga, Rabu (2/11).

Muslimah, juga mengeluhkan mahalnya harga bahan pokok yang kian melambung. Kader PKK Kelurahan Joglo ini berharap, cawagub nomor urut tiga itu bisa merealisasikan janjinya untuk menekan harga bahan pokok yang selama ini digembar-gemborkan. Ia tak ingin, janji-janji itu dilupakan jika terpilih dalam kontestasi Pilkada DKI.

"Sembako dimurahin Pak, saya ini ibu-ibu jadi tahu semuanya mahal. Beneran lho Pak, tolong ya Pak," katanya.

Ketua RT05 RW06 Kelurahan Joglo, Udin, meminta Sandiaga menyediakan mobil ambulance di setiap kelurahan jika terpilih menjadi wakil gubernur. Ia mengatakan, banyak warganya yang sering terkendala dengan kendaraan saat terjadi musibah. Bahkan, kadang dalam keadaan darurat menggunakan mobil terbuka.

"Di wilayah kami sering terjadi musibah. Kami perlu ambulance Pak. Saya perlu, karena itu bermanfaat buat kita menolong warga. Kami biasa menolong orang sakit dan mau melahirkan dengan mobil terbuka," ujar dia.

Sandiaga Uno menjawab satu per satu permintaan warga tersebut. Ia menyampaikan programnya terkait upaya penyediaan lapangan kerja dengan mencetak pengusaha baru. Nantinya, kata dia, di setiap kecamatan akan ada 'Pasukan Biru' yang akan memberi akses permodalan, lahan usaha, pelaku ekonomi baru. Mereka adalah para pelaku usaha sukses untuk menginspirasi para calon pengusaha.

Pasangan cagub Anies Baswedan ini menegaskan, penanganan tingginya harga bahan pokok juga menjadi prioritas programnya. Pengendalian harga bisa dilakukan dengan banyak cara. Di antaranya memangkas rantai distribusi dan memastikan stok di Ibukota tercukupi. Pengalamannya sebagai pengusaha membuatnya yakin bisa melakukannya.

Sandi menambahkan, permintaan warga terkait mobil ambulance akan diupayakan. Jika terpilih, Sandi berencana bekerjasama dengan organisasi kesehatan yang dinaungi Partai Gerindra yakni Kesehatan Indonesia Raya (Kesira).

"Untuk mobil multiguna, bisa ambulance bisa mobil jenazah akan kami upayakan. Itu memang tugas kita, Pak Ali Sadikin pernah bilang, tugas gubernur itu mengurus warganya dari lahir sampai meninggal," ujar Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement