Kamis 06 Oct 2016 22:14 WIB

Unkris Wisuda 518 Sarjana Hingga Doktor

Wisuda Sarjana Unkris yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (1/9).
Wisuda Sarjana Unkris yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (1/9).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Universitas Krisnadwipayana (Unkris) mewisuda sebanyak 518 mahasiswa yang lulus mulai dari gelar sarjana hingga doktoral. Dari total 518 wisudawan itu terdiri dari sarjana strata 1 sebanyak  246 wisudawan, strata 2 sebanyak 270 wisudawan, dan strata 3 hanya dua wisudawan. 

Rektor Unkris Dr Abdul Rivai mengatakan lulusan ini merupakan salah satu perwujudan dan bentuk tanggung jawab Unkris kepada bangsa dan negara dalam menciptakan dan membangun sumber daya manusia yang handal dan professional dalam bidang keilmuannya. "Serta mampu untuk mengadakan perubahan bagi masyarakatnya yakni dengan menciptakan lapangan kerja dan bukan sebaliknya," kata Rivai saat Wisuda Sarjana Unkris yang digelar di Kampus Unkris, Kamis (6/10).

Rivai mengatakan secara akademik prestasi yang diraih para wisudawan tergolong baik. Menurutnya, dari masing-masing fakultas terdapat perwakilan wisudawan yang lulus dengan nilai terbaik. “Meningkatkan mutu lulusan Unkris  menjadi tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Dia menambahkan, wisuda kali ini merupakan wisauda yang pertama kali diselenggarakan di Pendopo Kampus Unkris. Sehingga, lanjut Rivai, keluarga wisudawan dapat mengetahui secara langsung tempat perkuliahan wisudawan. "Tempat yang penuh perjuangan dan kenangan selama menuntut ilmu untuk meraih cita-cita menyongsong masa depan gemilang," ujarnya. 

Menurutnya, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Unkris di bidang pendidikan tinggi diwujudkan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pengajaran, kata dia, selain meningkatkan pendidikan peserta didik, Unkris juga melakukan program pengembangkan tenaga pengajar melalui peningkatan pendidikan ke jenjang strata 3.

Untuk itu, lanjut dia, Unkris melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di antaranya, Hiroshima University of Economic Japan, Beuth University of Technology Berlin, Universitas Utara Malaysia, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, dan Universitas Merdeka. “Dan Saat ini dalam proses kerja sama dengan perguruan tinggi di lingkup ASEAN, antara lain Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina untuk pengembangan e-journal,” kata Rivai.

Ketua Panitia Wisuda Unkris Dr Guswandi mengatakan dengan bangga UNKRIS kembali mempersembahkan lulusannya yang diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi ke dalam kehidupan nyata di tengah masyarakat yang majemuk dan dinamis. "Sehingga mereka dapat berguna bagi masyarakat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement