Kamis 22 Sep 2016 07:45 WIB

Memaknai Simbol-Simbol dalam Pendaftaran Ahok-Djarot di KPU

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saifut Hidayat menyerahkan dokumen syarat pencalonan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta Sumarno saat mendaftar sebagai Pasangan calon gubernur dan w
Foto:
Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengenakan jaket pertai secara simbolis didampingi wakil gubernur Djarot Saifut Hidayat saat mendaftar sebagai Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di Gedung KPUD DKI Jak

Tentu saja, Ahok tak lagi mengalami berpanas-panas ria seperti tahun 2012 yang datang ke KPU dengan bus Kopaja, karena saat mendaftarkan ke KPU dia berada di sedan mewah nan sejuk, terlebih di luar sedang hujan deras.

Sebelumnya, Ahok-Djarot berangkat bersama dari Balai Kota, kantor mereka, dengan menaiki satu bus, kemudian menjemput Megawati di kantor DPP PDI Perjuangan. Mereka melanjutkan perjalanan ke KPU DKI Jakarta dengan kendaraan yang berbeda. Megawati dan Ahok naik mobil sedan mewah Lexus sedangkan Djarot menumpang mobil lain.

Ahok dan Djarot menggunakan kemeja kembar bermotif kotak-kotak tetapi motif kotak-kotaknya berbeda dengan yang digunakan oleh Jokowi-Ahok tahun 2012 lalu.

Dengan pakaian semacam itu, apakah mereka akan mengulangi kesuksesan tahun 2012 yang pakaian kotak-kotaknya menjadi mode dan "trend setter" bagi para calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan di daerah lain. Atau mereka terjebak dengan pakaian model itu dan tidak mengenakan pakaian putih yang menjadi "seragam" baru dalam pemerintahan Presiden Jokowi.

Saat pendaftaran di KPU itu, Ahok kemudian mengenakan jas merah, sama yang dikenakan oleh Djarot, tetapi bedanya, pada jas Ahok tidak ada simbol atau lambang PDI Perjuangan sedangkan Djarot lengkap dengan atribut partainya.

Ahok mengenakan jas merah padahal dia juga didukung oleh Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Hanura. Politisi dari tiga partai itu yang turut mendampingi saat pendaftaran itu masing-masing mengenakan jas sewarna dengan partainya yakni kuning (Golkar), biru (Nasdem), dan kuning tua kecoklatan (Hanura). Ahok dipakaikan jas merah oleh Megawati sedangkan Megawati mengenakan busana hitam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement