Selasa 02 Aug 2016 06:33 WIB

PPP Kehilangan Sosok Kyai Muhammad Subadar

KH Mas Subadar
Foto: nu.or.id
KH Mas Subadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP PPP hasil Muktamar Jakarta, Djan Faridz mengatakan, partainya kehilangan sosok kyai nasionalis setelah KH Muhammad Subadar selaku Wakil Ketua Majelis Syariah DPP PPP meninggal dunia pada Sabtu (30/7).

"Beliau selalu hadir dengan ide-ide segar dan sarat nilai memperjuangkan kepentingan umat dan bangsa. Masalah kebangsaan dan partai yang rumit menjadi mudah dengan uraian bahasa beliau yang terformat sederhana dan membumi," kata Djan, di Jakarta, Senin (1/8).

Kyai Subadar juga menjabat sebagai Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Djan mengaku sangat terpukul saat mendengar kepergian Kyai Subadar yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Desa Besuk, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Hal yang sama, lanjutnya, juga dirasakan kader Partai Ka'bah selepas kepergian Kyai Subadar.

Menurut Djan, kedalaman ilmunya menjadikan Kyai Subadar sebagai rujukan bagi PPP ketika mengambil sikap berpolitik maupun dalam rangka menegakkan amar ma'ruf nahi munkar. "Beliau dipanggil menghadap illahi Robbi ketika situasi bangsa dalam kondisi carut-marut begini. Ketika kebenaran dan istiqomah dalam bersikap menjadi barang yang langka di negeri ini," ujarnya.

Lebih lanjut, ketika terakhir bertemu, Kyai Subadar berpesan agar partainya lebih "membumi" dan konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement