Senin 30 May 2016 14:17 WIB

Ridwan Kamil: Pancasila adalah Identitas Indonesia

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Dede Lukman Hakim
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Indonesia merupakan negara yang memiliki karakter sendiri, dan harus terus dipertahankan. Ia menilai peringatan hari Pancasila dapat mempertegas identitas bangsa Indonesia.

"Indonesia dimirip-miripkan dengan Amerika. Digeser supaya mirip barat, Tiongkok nggak bisa. Kita punya identitas. Identitaslah yang membedakan kita istimewa dibanding lainnya,"  kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu usai menghadiri acara Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (30/5).

Ia menambahkan peingatan Pancasila ini menjadi bagian penting yang harus disosialisasikan ke masyarakat.  Agar Indonesia bisa menjadi bangsa maju dan mandiri sesuai perkataan Bung Karno.

"Makanya Bung Karno sudah jelas dalam pidatonya bahwa indonesia politik berdaulat bebas aktif. Ekonominya harus berdiikari tidak tegantung pada orang lain. Ketiganya harus punya kebudayaan yang punya kepribadian," jelasnya.

Menurutnya, Pancasila merupakan ideologi bangsa yang tak hanya sekadar dihapal. Tapi juga diimplementasikan dalam kehidupan khususnya program kebijakan bagi pemerintahan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement