Kamis 19 May 2016 14:29 WIB

Belum Ada Gejala Kenaikan Harga di Pasar Ciamis

Rep: Fuji E Permana/ Red: Angga Indrawan
harga sembako/bahan pangan yang mengalami kenaikan harga(illustrasi)
Foto: Republika-Aditya Pradana Putra
harga sembako/bahan pangan yang mengalami kenaikan harga(illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Satu bulan lagi memasuki bulan Puasa. Harga bahan pokok di pasar belum menunjukkan ada gejala kenaikan. Harga barang di pasar masih stabil.

"Untuk sementara belum ada gejala kenaikan harga, masih normal harganya," kata Petugas Bagian Pendataan Harga Sembako di UPTD Pasar Ciamis, Ade Yusuf, Kamis (19/5).

Ade mengatakan, biasanya gejala kenaikan harga bahan pokok mulai terasa sekitar tiga hari menjelang puasa. Biasanya daging ayam, sapi dan ikan yang paling terasa kenaikannya. Sementara, harga sayuran dan minyak juga akan ikut naik tapi fluktuatif.

Kepala Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Dodi Indra menambahkan, sampai hari ini belum begitu terasa ada gejala kenaikan harga bahan pokok. Bahkan, ada beberepa bahan pokok yang harganya turun. 

"Kalaupun ada kenaikan belum signifikan, belum begitu terasa ada kenaikan dari sekarang," ujarnya.

Dodi menerangan, menjelang puasa dan lebaran biasanya mengalami dua kali grafik kenaikan. Pertama menjelang puasa, biasanya harga bahan pokok naik lima hari sebelum memasuki bulan puasa. Sebab, tingkat kunjungan di pasar akan meningkat beberapa hari menjelang puasa.

Tapi, di pertengahan bulan puasa harga bahan pokok akan kembali stabil. Tingkat kunjungan di pasar pun akan kembali normal. "Nanti, lima hari menjelang lebaran ada grafik yang kedua, jadi ada kenaikan harga barang disertai meningkatnya tingkat kunjungan di pasar," kata Dodi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement