Selasa 08 Mar 2016 06:54 WIB

Ini Isi Lengkap Resolusi KTT OKI untuk Palestina

Rep: Lintar Satria/Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
(dari kiri) Sekjen OKI Iyad Ameen Madani, Presiden Joko Widodo, dan Menlu Retno Marsudi melakukan acara penutupan KTT Luar Biasa OKI di Balai Sidang Jakarta, Senin (7/3).
Foto:
Presiden Joko Widodo mengetuk palu untuk mengesahkan resolusi saat penutupan KTT Luar Biasa OKI di Balai Sidang Jakarta, Senin (7/3). (Republika/Wihdan Hidayat)

26. Mengimbau negara-negara anggota OKI untyuk memperkuat solidaritas, persatuan dan kerjasama Islam untuk mencapai perdamaian dan solusi bagi Palestina dan Al-Quds al-Sharif.

27. Memuji upaya Kerajaan Arab Saudi di bawah kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk membela situs suci umat Islam di Al-Quds melalui dukungan terus menerus, baik dari institusi maupun warga masyarakat.

28. Memuji upaya Raja Abdullah II bin al-Hussein dari Kerajaan Yordania dalam menjaga Al-Quds dan situs-situs suci yang ada di dalamnya, baik situs suci umat Muslim maupun Kristiani di Yerusalem. Lebih jauh, apresiasi juga diberikan kepada Kerajaan Yordania dalam menghadapi pengrusakan Masjid al-Aqsa/al-Haram oleh Israel serta upaya Israel untuk mengubah identitas dan karakter Al-Quds.  Pertemuan ini menyambut baik pentingnya penandatanganan persetujuan antara Raja Abdullah II bin al-Hussein dan Presiden Mahmoud Abbas di Amman pada 2013 lalu yang menegaskan kembali penjagaan terhadap situs umat Islam di Al-Quds dengan memberikan proteksi legal.

29. Memuji upaya Raja Mohamed VI, Ketua Komite Al-Quds, dalam menjaga tempat-tempat suci Islam di Al-Quds dan melancarkan perlawanan terhadap Israel yang berupaya melakukan Yahudisasi terhadap Al-Quds. Mengimbau negara anggota OKI untuk memberikan bantuan finansial kepada Bayt Al Mal Al Quds Agnecy yang selama ini telah mendukung Al-Quds melalui proyek dan aktivitas pengembangan di kota suci tersebut.

30. Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Internasional Yerusalem di Jakarta pada Desember 2015 di bawah bantuan Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Palestina (CEIRPP) serta kerjasamanya dengan OKI. Mengapresiasi Senegal atas aksi konstannya sebagai Ketua CEIRPP dan menyambut baik keputusan untuk menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Yerusalem selanjutnya.

31. Mengapresiasi Pemerintah Indonesia karena telah bersedia mengadakan Konferensi Internasional Yerusalem dan menghargai kebijaksanaan pemimpinnya untuk mendukung Palestina dan Yerusalem.

 

32. Meminta Sekretaris Umum OKI untuk menindaklanjuti implementasi dari resolusi ini dan menyampaikan laporan implementasi resolusi ini kepada setiap negara anggota OKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement