Jumat 08 Jan 2016 16:29 WIB

Transjakarta akan Beroperasi di Tangsel

Rep: c36/ Red: Angga Indrawan
Bus Transjakarta
Bus Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Armada bus Transjakarta segera beroperasi di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Rencananya, bus Transjakarta akan menjangkau hinngga wilayah Serpong.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengatakan, ada dua tahap pembangunan jalur Transjakarta di wilayahnya. "Tahap pertama kami bangun untuk rute Lebak Bulus-Terminal Pondok Cabe. Rute Cengkareng-Serpong baru akan dipersiapkan sesudahnya," ungkap Benyamin ketika dikonfirmasi Republika, Jumat (8/1).

Persiapan pembangunan jalur Transjakarta rute Blok M-Terminal Pondok Cabe akan dimulai tahun ini. Sebelum  fisik jalur dibangun, detail teknis terkait dengan sarana pendukung lebih dulu akan dibahas oleh Pemkot Tangsel dengan Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: PT Transjakarta: Tidak Ada Persyaratan Sulit Untuk Metro Mini Bergabung

"Kami akan bangun di jalan yang kini menjadi rute kendaraan dari Lebak Bulus-Terminal Poris Plawad. Lebar jalan yang kini sudah ada diperkirakan cukup untuk diambil sebagian bagi jalur Transjakata," tuturnya.

Benyamin menjelaskan, sebanyak 60 persen warga Kota Tangsel merupakan kaum komuter atau penglaju. Saat ini, jumlah warga Tangsel diperkirakan mencapai 1,3 juta jiwa.

"Indikasi banyaknya penglaju bisa dilihat saat akhir  pekan atau liburan. Jalanan di Tangsel selalu macet saat akhir pekan atau hari libur," ujar Benyamin. Melihat kondisi tersebut, Benyamin menilai wajar karena saat hari biasa, banyak warga yang pergi untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain di Tangerang.

Kapolri: Pemberian Amnesti Ada Syaratnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement