Sabtu 07 Nov 2015 11:08 WIB

Pelobi Pertemuan Jokowi-Obama Pernah Wawancara dengan Luhut

Presiden Jokowi bertemu Presiden AS Barack Obama.
Foto:
Menko Polhukam Luhut Panjaitan bersama Presiden Jokowi.

Dalam dokumen yang dibuka Departemen Kehakiman AS, tidak menyebutkan siapa pun dalam pemerintahan Indonesia yang mempekerjakan Pereira dan R&R Partners. Hanya saja, Pereira juga memiliki rekam jejak melobi tokoh Indonesia, dan pernah berhubungan dengan Luhut Panjaitan. Dia pernah menulis dan mewawancari Luhut Panjaitan untuk The Straits Times selama menjadi duta besar Indonesia untuk Singapura 1999-2000.

Selain lobi, Pereira yang memegang gelar master dari Kennedy School of Government Harvard, terus mempertahankan kontak dengan almamaternya. Dia tidak hanya sebagai anggota Dewan Internasional di Kennedy School’s Belfer Center for Science and International Affairs, Pereira juga mendanai beasiswa untuk program Derwin Pereira Graduate Fellowship.

Program tersebut menawarkan pelatihan untuk siswa dari Indonesia. Salah satu orang Indonesia pertama yang lulus 'proses seleksi yang kompetitif' tersebut untuk belajar di Mason Program adalah Agus Yudhoyono, putra presiden Indonesia periode 2005-2004, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement