Ahad 01 Nov 2015 17:13 WIB

Bersepeda Perlu Dibudayakan di KBB

Rep: C12/ Red: Julkifli Marbun
ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Kegiatan Fun Bike 2015 yang digelar di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (31/10) kemarin, mendapat tanggapan positif dari Koni KBB. Kegiatan tersebut perlu dirutinkan sehingga bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya berolah raga.

Ketua Koni KBB, Elin Suharliah menuturkan, kegiatan Fun Bike tersebut menjadi pemicu semangat masyarakat agar selalu berolahraga, khususnya bersepeda.

"Dengan seringnya acara seperti ini tentu dapat memotivasi masyarakat khususnya para pemuda," ujar dia, Sabtu (31/10) kemarin usai membuka Fun Bike 2015 itu.

Elin sangat setuju jika penyelenggaraan serupa diadakan secara rutin di KBB. Terlebih, pesepeda saat ini kian banyak. Ini terlihat dengan banyaknya pesepeda yang kerap keliling melewati jalan setiabudi menuju Kecamatan Lembang.

"Kegiatan ini kalau rutin saya sangat setuju. Saya kira makin banyak juga peminatnya," kata dia.

Kendati demikian, ia mengakui, infrastruktur khusus untuk trek sepeda memang belum tersedia. "Masalahnya mungkin jalan untuk trek sepeda belum tersedia secara khusus," lanjut dia.

Elin mencontohkan, di negara lain, masyarakatnya selalu bersepeda dalam kegiatan apapun. Seperti saat ke kantor misalnya. Artinya, bersepeda di negara lain sudah menjadi suatu kebudayaan. "Jadi di kita ini masih terbatas," ujar istri Bupati Bandung Barat Abubakar ini.

Untuk menunjang masyarakat agar selalu bersepeda, sarana dan prasarana memang diperlukan. Kata dia, pihaknya bakal terus berupaya mendukung pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menyehatkan jasmani masyarakat KBB.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan, bersepeda perlu dibudayakan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB). Bersepada sudah tentu menyehatkan jasmani, tapi lebih dari itu, memiliki nilai tersendiri dalam menjaga lingkungan.

Bupati Bandung Barat Abubakar menyatakan dukungannya terhadap kegiatan bersepeda di KBB. Kegiatan ini juga dipandang sebagai alternatif dalam menciptakan interaksi sosial di masyarakat.

"Bikers di sini, di samping bisa bersilaturahim, juga pastinya membuat sehat selalu," ujar dia.

Kegiatan Fun Bike digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-87. Abubakar pun meminta masyarakat untuk merenungi capaian-capaian selama ini untuk bersama-sama meneruskan perjuangan yang telah dimulai para pahlawan dahulu.

Kendati demikian, Abubakar mengakui, pembangunan di daerahnya harus pula didukung oleh sarana-prasarana fisik yang memadai. "Atas nama Pemda, kami berterima kasih kepada pemrakarsa Fun Bike 2015, bahwa dalam rangka memperingati sumpah pemuda, terus berjuang untuk mencapai tujuan dan amanat proklamasi," kata dia.

Menurut Abubakar, bersepeda merupakan salah satu cara untuk peduli terhadap lingkungan. Ia bakal terus berupaya menyediakan sarana-prasarana yang menunjang berbagai bentuk kegiatan peduli lingkungan. "Tentu perlu didukung sarana-prasarana dan pembangunan fisik yang memadai," tutur dia.

Dan, kegiatan Fun Bike 2015 ini pun tak serta-merta hanya pada sepeda, tapi juga menunjukan kepeduliannya terhadap alam.

"Tidak hanya kegiatan sesaat, tapi juga ada kegiatan untuk mencintai lingkungan dan alam, salah satunya dengan penanaman pohon ini," ujar dia.

Lanjut dia, penanaman pohon di lapangan di dalam kawasan Kota Baru Parahyangan ini merupakan simbol kehidupan yang patut dilakukan oleh masyarakat KBB yang lain. "Ini simbol kehidupan, saya harap warga KBB yang lain juga mengikuti ini, agar alam kita tetap lestari," tutur dia.

Ratusan pesepeda dari Kabupaten Bandung Barat dan sekitarnya mengikuti agenda Fun Bike 2015. Penanggung Jawab Event tersebut, Pamriadi menuturkan, acara ini digelar selain untuk memperingati, juga untuk mengingatkan kepada masyarakat Bandung Barat untuk selalu hidup sehat.

"Salah satu caranya, bisa dengan olah raga bersepeda ini," ujar dia, Sabtu (31/10), di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Bagi dia, bersepeda kini menjadi olah raga yang sedang digandrungi masyarakat di perkotaan. Mengingat, pola hidup masyarakat di perkotaan amat erat kaitannya dengan polusi udara dan debu.

Karena itu, bersepeda menjadi alternatif untuk menyehatkan jasmani masing-masing. "Kita menuju sehat. Kalau bersepeda berarti ingin sehat," kata dia.

Selain itu, menurut dia, agenda tersebut juga sejalan dengan visi-misi Kabupaten Bandung Barat yang menyiratkan adanya keharusan untuk berpola hidup sehat, baik itu jasmani ataupun rohani. "Kita bantu, dukung Bandung Barat, dan selalu menjadi yang terdepan," ujar dia.

Gelaran event Fun Bike 2015 yang dimulai dari titik Kota Baru Parahyangan sampai kembali lagi ke titik tersebut, diselenggarakan oleh Aria Production dan didukung beberapa sponsor, seperti Wings Group, Apindo KBB, dan Ghinasepti International Umrah.

Dalam Fun Bike 2015 ini, ada hadiah utama yakni umrah dari Ghinasepti. Selain umroh, juga ada hadian lain berupa sepeda motor. Selain itu, acara ini juga diisi dengan acara sosial berupa pemberian 100 paket kepada anak-anak yatim dari Desa Bongas, Kecamatan Cililin, KBB.

Pembukaan Fun Bike 2015 dihadiri oleh Bupati Bandung Barat Abubakar dan istrinya, Elin Suharliah sebagai Ketua Koni KBB, Dandim 0609 Pemuda Leonard Ginting, perwakilan dari pemerintah provinsi Jawa Barat, dan Polres Cimahi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement