Rabu 28 Oct 2015 11:57 WIB

Jaksa Agung tak Ikut Peringati Hari Sumpah Pemuda

sumpah pemuda
sumpah pemuda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun 2015 di lingkungan Kejaksaan Agung, Rabu (28/10), tidak dihadiri oleh Jaksa Agung HM Prasetyo. Hal tersebut berbeda dengan kegiatan tahun sebelumnya yang selalu dipimpin oleh jaksa agung. Tahun ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda hanya dipimpin oleh Wakil Jaksa Agung (Waja) Andhi Nirwanto.

Dalam sambutannya, Andhi Nirwanto menyatakan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 membuat bangga karena Pemuda Indonesia telah mengawali sebuah perubahan besar.

Dia mengatakan tekad dan keberanian pemuda telah menginspirasi dan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan.

"Sungguh, sebuah momentum sejarah yang patut untuk terus kita kenang, kita refleksikan, kita pelajari, kita teladani dan kita semaikan spiritnya demi kebangkitan para pemuda Indonesia," katanya, Rabu (28/10).

Dikatakan, 28 Oktober 1928, tahun yang cukup jauh sebelum Indonesia mencapai kemerdekaannya dan para pemuda sudah memiliki kesadaran yang sangat tinggi, bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa, Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara tidak akan pernah bisa terwujud.

Kobaran semangat kesatuan, persatuan dan cinta tanah air lah, yang membuat hati para pemuda saat itu dari seluruh penjuru negeri, berukumpul dan berikrar suci demi cita-cita zuhur tegaknya Indonesia.

Andhi mengatakan para pemuda tidak mempedulikan apa latar belakang agama, suku, ras dan golongan mereka dan hanya peduli dengan satu identitas saja, yaitu Indonesia.

"Negara kita yang tercinta ini sedang mendapatkan bonus yang tidak semua negara dapatkan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement