Sabtu 05 Sep 2015 20:42 WIB

Pemerintah Diminta Serius Tangani Kebakaran Lahan

Kebakaran lahan
Foto: Wikipedia
Kebakaran lahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IV DPR, Viva YOga Mauladi meminta pemerintah agar lebih serius menangani kebakaran lahan di sejumlah daerah di tanah air.

Ia memaparkan, dari data investigas, 90 persen kebakaran hutan disebabkan karena kesalahan manusia alias human eror. Tujuannya, untuk membuka lahan baru karena lebih murah.

Celakanya, di musim kemarau, hampir bisa dipastikan peningkatan titik api semakin tinggi. Jika lahan gambur yang terbakar, maka akan lebih sulit lagi diatasi.

"Pemerintah, dalam hal ini kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK), BNPB, pemerintah daerah harus lebih serius melakukan koordinasi untuk memadamkan api. Lebih solutif jika ada kebijakan keadaan darurat asap sehingga penanganannya lebih cepat. Jika dibiarkan maka akan mengganggu perekonomian, kesehatan masyarakat, dan mematikan biodiversitas hutan," katanya, Sabtu (5/9).

Menurutnya, dari tahun ke tahun, pemerintah tidak pernah antisipatif  dan preventif terhadap ancaman kebakaran hutan. Pemerintah selalu reaktif dan kedodoran sehingga terjadi pengulangan bencana yang tidak perlu terjadi sehingga mengganggu negara tetangga.

"Hal ini tentu kurang baik jika terus terjadi setiap tahun," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement