Ahad 19 Apr 2015 11:38 WIB
Konferensi Asia Afrika 2015

Kedatangan Tamu KAA tak Ganggu Penerbangan Komersial di Soekarno-Hatta

Rep: C18/ Red: Hazliansyah
Pesawat udara terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/3).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pesawat udara terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 akan segera digelar di Jakarta dan Bandung. Rencananya tamu dari 40 negara peserta KAA bakal mendarat di Indonesia.

Kepala Bagian Humas Angkasa Pura II, Achmad Syarir mengatakan, jadwal penerbangan di bandara Soekarno-Hatta kemungkinan akan berlangsung normal. Pasalnya, Achmad menjelaskan, tamu peserta KAA bakal mendarat di landasan VIP.

"Supaya tidak mengganggu penumpang," jelas Achmad kepada Republika, Ahad (19/4) di Tangerang.

Angkasa Pura II menyediakan empat bandara guna menyambut kedatangan tamu peserta Konferensi Asia-Afrika. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bandara Halim Perdanakusuma, bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan bandara Husein Sastranegara.

Achmad menjelaskan, selama kedatangan tamu peserta KAA, bandara Halim Perdanakusuma akan melakukan penyesuaian jadwal penerbangan komersial pada 19-23 April dan 25 April. 

Khusus 24 April, bandara dibuka untuk penerbangan sipil pada pukul 05.00-05.30 WIB, lalu ditutup pada 05.30–18.00 WIB, kemudian buka pada 18.00-21.00 WIB dan kembali ditutup pada 21.00 WIB hingga 05.00 WIB pada 25 April.

Penutupan untuk penerbangan sipil juga dilakukan di Bandara Internasional Husein Sastranegara pada 23 April pukul 16.00 WIB hingga 24 April pukul 21.00 WIB. 

"Soekarno-Hatta tidak ada penyesuaian jadwal," terang Achmad.

Sementara Achmad menjelaskan bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang disiapkan sebagai lokasi parkir pesawat kenegaraan dari para delegasi apabila diperlukan. 

Acmad mengatakan PT Angkasa Pura II telah berkoordinasi dengan pihak terkait diantaranya Kantor Staf Kepresidenan, TNI, Polri, Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, dan pihak terkait lainnya guna menjamin kelancaran dalam penyambutan di bandara-bandara tersebut. Sebanyak 2.220 personel gabungan diturunkan menjaga Bandara Soekarno-Hatta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement